Begini Peluang Usaha Olahan Cabai yang Makin Terbuka Lebar

Begini Peluang Usaha Olahan Cabai yang Makin Terbuka Lebar

Semakin melonjaknya harga cabai tidak akan membuat para pencinta cabai berhenti makanan pedas. Bahkan mereka ingin variasi lain yang dihadirkan dari cabai. Hal ini meningkatkan peluang bisnis olahan cabai serta menguntungkan petani cabai.

Abon Cabai

Semakin besar konsumsi cabai membuat pebisnis kuliner berpikir mengolah cabai dengan hal baru. Salah satu peluang yang bisa dicoba yaitu abon cabai. Abon bukanlah makanan utama melainkan makanan pendamping.

Selain rasa yang enak juga menambah selera makan. Abon cabai ini awalnya memang akan asing di telinga masyarakat yang sebelumnya menganggap abon hanya dari daging. Namun semakin ke sini abon cabai menjadi favorit masyarakat sebagai pengganti sambal dan bisa digunakan untuk menambah tingkat kepedasan makanan.

Variasi dari abon cabai yaitu abon cabai merah, abon cabai hijau, dan abon cabai rawit. Bagi pebisnis, olahan ini tidak akan menjadikan rugi karena setelah berbentuk abon, cabai bisa tahan lama.

Sehingga meski tidak habis di hari yang sama tidak menjadikan masalah. Sasaran konsumen juga banyak seperti penjual mie ayam, bakso, bubur ayam, maupun toko oleh-oleh. Jika kualitas abon cabai Anda enak pastinya mereka akan memesan kembali.

Resep dan Cara Membuat Abon Cabai

Bahan yang Anda perlukan yaitu cabai merah besar yang dikeringkan sebanyak 100 gram, cabai rawit kering 50 gram, gula 50 gram, kaldu ayam 8 gram, vetsin 2 gram, dan bawang putih yang sudah digoreng dan dihaluskan 25 gram.

Cara membuatnya, blender semua bahan kecuali bawang putih. Setelah halus masak dengan minyak goreng hingga tercampur rata sekitar 20 menit. Lalu angkat dan tambahkan bawang putih atau jika tidak suka bawang putih bisa menggantinya dengan bawang bombai yang telah digoreng dan diblender.

Peluang Usaha Olahan Cabai Saus Sambal

Bagi pencinta makanan berkuah dan pedas seperti bakso, mie ayam, siomay, dan lain sebagainya pasti akrab dengan saus sambal. Ternyata saus sambal dapat dijadikan peluang olahan cabai. Tentunya Anda harus mengambil bahan baku langsung dari petani cabai agar lebih murah atau anda juga bias menanam sendir cabai dengan Belajar Bertani Organik agar cabai yang anda gunakan mempunyai kualitas terbaik.. Setelah itu tinggal memasarkannya sendiri.

Tujuan bisnis adalah mendapatkan keuntungan yang besar dari usahanya. Namun Anda harus memerhatikan segi kesehatan konsumen. Pikirkan risiko jangka panjang agar usaha Anda berjalan lancar. Selain jangan pakai pengawet buatan juga jangan pakai bahan yang sudah tak layak pakai.

Sehingga sebelum pembuatan pastikan bahan bakunya segar dan dicuci bersih, kebersihan sanitasi dan kebersihan karyawan, peralatan untuk pengolahan juga harus bersih, dan perhatikan suhu penyimpanan.

Membuat Sambal Bajak dalam Kemasan

Banyak orang perantauan yang merindukan masakan rumah termasuk sambal. Tak ada salahnya memanfaatkan peluang ini sebagai bisnis Anda. Sambal Bajak yang terkenal sebagai sambal rumah kini juga bisa dikemas dalam toples kecil kemudian dibuat sebagai ladang bisnis. Bahkan sambal sekarang banyak digunakan sebagai oleh-oleh.

Peluang Usaha Manisan Cabai

Pernah terpikir tidak kalau rasa pedas cabai bisa berubah menjadi manis? Jawabannya bisa. Sekarang sudah ada manisan cabai yang populer di pasaran. Dieng bahkan menjadikan manisan cabai ini sebagai makanan khas sebagai oleh-oleh. Cabai yang sudah dibuang bijinya itu ditambahkan kayu manis, garam, dan gula yang cukup banyak kemudian ditiriskan.

Cara Pemasaran Olahan Cabai

Hal yang pertama Anda lakukan yaitu menyiapkan kemasan, logo dan merek yang unik untuk produk Anda. Pemasarannya bisa dengan internet marketing. Jangan lupa juga sediakan free trial atau kesempatan konsumen mencicipi sebelum membeli. Untuk pemasaran luar kota Anda bisa dengan penawaran gratis ongkos kirim.

Jika Anda berminat pada usaha olahan cabai, sebaiknya tidak ada salahnya bagi anda untuk Belajar Bertani agar anda benar benar mengetahui kualitas dari produk yang akan anda gunakan.