3 Keuntungan Melakukan Tune Up Pada Mesin Mobil

Agar performa kendaraan selalu baik, maka diperlukan adanya perawatan intensif secara rutin. Perawatan yang dilakukan secara berkala dapat menjaga performa mesin tetap stabil dan tidak menurun. Biasanya saat performa mesin menurun akan ditandai dengan suara mesin yang berisik, konsumsi bahan bakar boros, dan sulit distarter.

Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada mobil, maka diperlukan perawatan dan pengecekan secara berkala. Dengan rutin melakukan perawatan, maka Anda akan merasakan kenyamanan saat mengendarai mobil. Berikut 3 keuntungan yang akan didapatkan apabila merawat mobil secara rutin.

Dapat Memaksimalkan Performa Mesin

Manfaat yang akan Anda dapatkan apabila sering merawat mobil melalui tune up yaitu dapat memaksimalkan performa mesin mobil. Performa mesin yang menurun dapat diakibatkan karena penggunaan kendaraan setiap hari. Maka dari itu, untuk mengembalikan performa mesin kendaraan perlu dilakukan perawatan secara rutin. Dengan rutin melakukan perawatan, Anda juga dapat merasakan kenyamanan saat berkendara.

Dapat Mencegah Terjadinya Kerusakan

Manfaat melakukan perawatan mobil secara berkala selanjutnya yaitu dapat mencegah terjadinya kerusakan. Kerusakan pada mesin mobil biasanya ditandai dengan mesin yang berisik, boros bahan bakar, setir mobil terasa bergetar, dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk meminimalkan risiko kerusakan pada mobil yang dapat membahayakan, Anda harus selalu melakukan perawatan mobil secara rutin.

Dapat Mengetahui Komponen Mobil

Manfaat sering melakukan perawatan mobil selanjutnya yaitu dapat melakukan pengecekan pada komponen mobil. Tanpa disadari mobil yang sering digunakan dapat mengalami kerusakan kecil. Untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih besar maka perlu dilakukan pengecekan secara berkala melalui tune up mobil. Pengecekan berkala ini bertujuan untuk memastikan kelayakan setiap komponen mesin mobil.

Komponen Mobil yang Diperiksa Saat Perawatan

Terdapat sebagian komponen mobil yang sangat sensitif, sehingga harus dilakukan pengecekan dan perawatan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengetahui layak atau tidaknya komponen pada mobil.  Saat melakukan perawatan kendaraan, terdapat 5 komponen yang akan diperiksa oleh pihak bengkel, yaitu sebagai berikut.

Filter Udara

Saat melakukan pengecekan, biasanya mekanik akan memeriksa bagian filter udara. Filter udara yang berdebu di permukaannya, biasanya akan dibersihkan menggunakan angin bertekanan. Namun saat filter udara mobil Anda sudah sangat kotor dan sulit dibersihkan, maka mekanik biasanya akan menyarankan untuk mengganti filter udara agar lebih awet.

Karburator dan Throtle Body

Biasanya mekanik akan membersihkan karburator hanya pada mobil yang bersistem non-injeksi. Mekanik juga akan melakukan penyetelan RPM pada karburator saat proses pembersihan. Sedangkan pada mesin mobil yang sudah menggunakan sistem injeksi, biasanya mekanik akan membersihkan throtle body atau dikenal dengan katup gas.

Pembersihan Busi

Saat melakukan tune up biasanya mekanik akan mengecek dan membersihkan busi. Pengecekan pada celah busi bertujuan untuk menjaga percikan api yang keluar pada busi tetap stabil. Untuk mengurangi terjadinya kendala atau kerusakan pada mesin mobil Anda, maka saat proses perawatan mesin akan dilakukan penyetelan dan pembersihan busi.

Pengecekan dan Penyetelan Celah Katup

Penyetelan celah katup bertujuan agar katup tetap dalam posisi standar. Biasanya mekanik akan melakukan penyetelan celah katup pada mesin mobil bersistem katup konvensional. Dalam posisi standar, celah katup biasanya berjarak antara 0,2 mm hingga 0,3 mm. Apabila melebihi posisi standar maka dapat menyebabkan suara berisik maupun bocor kompresi. Maka dari itu, untuk mencegah kerusakan pada mesin diperlukan perawatan secara berkala.

Pengecekan Aki

Aki atau baterai pada mobil menjadi salah satu komponen yang tidak akan terlewatkan saat Anda melakukan perawatan. Normalnya, tegangan aki mobil harus mencapai angka 12 Volt hingga 14 Volt saat mesin sedang menyala. Selain tegangan, biasanya mekanik juga akan mengecek kapasitas arus menggunakan battery tester. Hal ini bertujuan agar aki pada mobil tidak mengalami kerusakan yang dapat membuat Anda tidak nyaman saat berkendara.

Terdapat berbagai keuntungan apabila Anda rutin melakukan pengecekan dan merawat mobil, salah satunya menciptakan kenyamanan saat berkendara. Selain itu, dengan rutin melakukan tune up pada mobil, maka Anda dapat meminimalkan risiko terjadinya kerusakan yang lebih parah pada mobil.