5 Cara Pilih Colocation Server Kredibel Demi Kelancaran Akses Data

Kelancaran akses data dengan colocation server dari pusat data terpercaya tentu lebih terjamin. Selain penyimpanan dan pengelolaan data yang terpercaya, keamanannya juga terjamin. Akses data bisa selalu lancar karena merupakan full data center facility dengan rak penyimpanan sesuai opsi. Inilah cara pilih paket colocation untuk kelancaran akses data.

  1. Memilih Pusat Data dengan Reputasi Unggul

Reputasi perusahaan tentu sangat berpengaruh pada kepercayaan konsumen. Karenanya, muncullah tingkat kredibilitas perusahaan yang menjadi ukuran kualitas layanan suatu perusahaan. Reputasi perusahaan pusat data tentu saja menjadi pertimbangan penting untuk mendapatkan pelayanan berkualitas demi pengelolaan data yang terjamin.

Kelancaran akses data yang tersimpan pada data center tentu harus diupayakan karena berkaitan dengan perolehan informasi yang mendukung kegiatan operasional. Sistem layanan pusat data yang reputasinya menengah ke atas sudah mampu menjadi mitra Anda dalam pengelolaan data agar data tetap aman dan bisa diakses dengan lancar.

Karena mempertimbangkan reputasi, pilihlah data center yang sudah dikenal masyarakat luas. Pusat data yang ternama dengan reputasinya yang unggul mampu memberikan jaminan pelayanan terbaik. Pengalamannya dalam dunia penyimpanan dan pengelolaan data bisa diterapkan pada data Anda, sehingga akan terjamin kelancaran aksesnya.

  1. Memilih Koneksi Internal dan Eksternal yang Baik

Setelah menentukan pihak jasa data center yang reputasinya unggul, langkah berikutnya adalah memilih koneksi internal dan eksternal yang baik. Koneksi pada sistem pusat data ternama tentu saja mempunyai kualitas unggul. Anda bisa mengakses data dengan baik.

Penambahan, pengurangan, ataupun penggantian data yang dilakukan bisa langsung terhubung pada server yang tersimpan di data center apabila koneksinya bagus. Hal tersebut dapat terjadi apabila koneksi internal dan eksternal yang dimiliki data center bisa dipertanggungjawabkan.

Tingkat tier yang digunakan juga harus baik demi menjamin pengelolaan dan penyimpanan data. Tingkat tier 3 adalah yang umumnya sudah diterapkan perusahaan pusat data yang ternama. Koneksinya dapat dipercaya karena menggunakan sistem no shutdown.

  1. Memastikan Stabilitas Jaringan

Paket colocation terbaik akan menjamin kelancaran akses data. Untuk memilih paket layanan terbaik dari pusat data terpercaya, Anda harus memastikan stabilitas jaringan yang dimiliki pusat data. Stabilitas jaringan ini sangat berpengaruh pada kinerja operasional mesin di pusat data untuk terhubung dengan komputer unit.

Kemudahan aktivitas perusahaan dalam mengakses data juga menunjang kebenaran informasi terkini. Stabilitas jaringan ini juga bisa dilihat dari tingkatan tier yang digunakan oleh pusat data. Agar aman, pilihlah pusat data tier 3 agar bisa diakses kapan pun dengan power supply lebih dari 1 dan sistem multi jaringan.

  1. Memperhitungkan Keamanan

Penyimpanan dan pengelolaan data di data center tentu saja harus memperhitungkan keamanan. Tak hanya keamanan secara fisik, namun juga secara sistem. Data center harus menyediakan sistem perlindungan dari hacker, sehingga data tidak akan bisa dicuri atau disalin oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Selain itu, sistem back up dan pemulihan juga diperlukan sebagai upaya antisipasi gangguan. Sistem pendeteksi kebakaran atau titik api juga harus dipastikan agar bisa segera ditindaklanjuti apabila terdeteksi akan ada kebakaran, khususnya akibat korsleting arus listrik.

  1. Membandingkan Harga

Setiap jasa colocation pasti memasang tarif tertentu. Anda harus sudah mempersiapkan dan sebelum menandatangani kontrak dengan pihak jasa. Pastikan bahwa harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan kualitas dan kelengkapan layanan yang disediakan. Perbandingan harga antara satu pihak jasa dengan lainnya juga perlu untuk efisiensi anggaran.

Itulah berbagai cara efektif untuk pilih layanan colocation yang sesuai dengan kebutuhan dan menunjang kelancaran akses data. Dual power support yang disediakan colocation server menjadikan sistem akses data selalu siap setiap saat diperlukan. Lintasarta bisa menjadi mitra Anda dalam memberikan paket pusat data dengan tier 3 yang sistemnya no shutdown.