5 Langkah Mudah Membuat Podcast di Spotify

Siapa yang hobi mendengarkan podcast? Media hiburan berbentuk audio yang satu ini sedang naik daun, yang dinikmati lewat  aplikasi musik favorit anak milenial, Spotify.

Ternyata, kamu dapat membuat podcast-mu sendiri dan menjadi podcast creator di Spotify dengan cara yang gampang banget loh. Tulisan kreativv kali ini adalah tentang beberapa langkah mudah membuat podcast di Spotify

  1. Tentukan topik

Topik yang kamu pilih ada baiknya mengenai teman yang kamu sukai dan masih jarang diangkat di internet. Dengan demikian, proses pembuatan podcast-mu akan terasa lebih mudah dan dapat menarik pendengar.

Hal yang mesti dipertimbangkan saat menentukan topik selain memilih yang kamu gemari dan kuasai, ambilah bagian spesifik dari topik tersebut untuk kamu angkat dalam podcast-mu.

2. Siapkan narasi

Untuk mempermudah proses rekaman, jangan lupa untuk mempersiapkan terlebih dahulu narasi yang akan digunakan untuk menjadi kerangka topik pembahasan podcast. Pastikan saat kamu menggunakan narasi, jangan terlalu fokus untuk membaca dan fokuslah pada intonasi serta gaya bicaramu. Buatlah seakan kamu sedang mengobrol dengan para pendengar.  

3. Mulai merekam

Untuk mempermudah proses recording, kamu bisa menggunakan Audacity yang dapat di-download secara gratis di Windows dan macOS.

  • Koneksikan mikrofon USB dengan PC atau laptop dan pastikan sudah terhubung dengan Audacity.
  • Rekam dengan menge-klik logo mikrofon
  • Editlah hasil rekaman tersebut dengan menyesuaikannya sesuai bagian-bagian yang kamu telah susun.
  • Gunakan format SO/IEC 11172-3 MPEG-1 dengan bitrates antara 96 sampai 320 kbps.
  • Simpan hasil editan rekamanmu dalam format MP3. Pastikan ukuran file tidak melebihi 200MB.

4. Pilih nama dan cover image

Berikan nama-nama menarik dan kece untuk mendeskripsikan konten podcast-mu. Pastikan kalau judul episode tidak melebihi 20 karakter. Tidak ketinggalan format yang digunakan untuk cover image adalah rasio square (1:1) dan pilihlah kualitas resolusi paling tinggi atau minimum 1400×1400 pixels.

5. Tentukan host 

Kamu dapat memilih untuk memakai layanan hosting podcast seperti SoundClound, Podbean, atau Blubrry. Mayoritas platform bisa digunakan secara gratis, meskipun terbatas dengan beberapa fitur berbayar.

Langkah-Langkah Memasukan Podcast ke Spotify

  1. Buka halaman Spotify for Podcaster
  2. Masuk menggunakan akun Spotify-mu
  3. Pilih ‘Get Started’ pada laman ‘Submit your podcast’
  4. Centang kotak pada laman ‘Terms and Conditions’ lalu klik ‘Continue
  5. Masukan link RSS feed-mu pada kotak yang disediakan
  6. Judul dan cover image podcast-mu akan otomatis muncul di kotak yang berada di kanan. Klik ‘Next’.
  7. Pada bagian ‘Add podcast info’, jangan lupa lengkapi informasi negara, bahasa, kategori dan penyedia layanan, lalu tekan ‘Next’.
  8. Review kembali detail podcast-mu lalu pilih ‘Submit’

Setelah itu, podcast kamu akan di-review oleh tim Spotify dalam beberapa hari sebelum mendapat persetujuan dan bisa muncul di Spotify. Yuk, baca selengkapnya Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast di Spotify