Pemicu Arus Pendek Listrik Yang Dapat Menyebabkan Kebakaran

Listrik merupakan salah satu kebutuhan sehari – hari, oleh karena itu perlu diperhatikan dengan baik dan benar. Kecerobohan menggunakan listrik dapat menyebabkan sengatan ataupun arus pendek listrik yang menyebabkan kebakaran.

Arus pendek listrik menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi. Nah, untuk itu berikut 5 (lima) pemicu arus pendek listrik yang dapat menyebabkan kebakaran agar kalian dapat berhati – hati;

  • Penggunaan listrik perabotan melebihi kapasitas.

Penggunaan listrik yang melebihi kapasitas, akan membuat konduktor pada kabel listik mudah panas. Hal inilah yang dapat memicu arus pendek listrik yang akan menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan penggunaan listrik pada perabotan rumah tangga.

Salah satu caranya, kalian dapat memilih kabel listrik yang memiliki daya watt yang cukup besar seperti Federal Kabel. Selain itu, federal kabel memiliki lapisan isolator yang baik yang tidak mudah terbakar dan mampu menetralisirkan konduktor kabel yang panas.

  • Penggunaan Instalasi listrik terlalu banyak tersambung.

Pemicu kedua yang dapat menyebabkan arus pendek listrik ialah penggunaan instalasi listrik yang terlalu banyak. Dengan instalsi listrik yang terlalu banyak tersambung akan membat isolator kabel listrik mudah mengelupas, memuai, bahkan terkena panas konduktor yang dapat mengakibatkan percikan api.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jangan terlalu banyak untuk menyambungkan instalasi listrik. Gunakanlah kabel listrik dengan bijaksana, sehingga kalian akan mengetahui kebutuhan yang seharusnya dibutuhkan.

  • Arus Bocor.

Arus bocor terjadi saat kabel listrik atau kawat yang tersambung listrik bersentuhan dengan air saat berada di daerah yang lembab, seperti kamar mandi atau platfor yang bocor.

Hal ini akan menghambat aliran arus listrik pada kabel, serta membuat air menghantarkan listrik yang dapat menyebabkan sengatan listrik. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut jangan lupa untuk melapisi kabel listrik agar tidak kendor atau lepas saat berada di kamar mandi, dan juga posisikan kabel listrik dibagian atas agar tidak mudah terkenal air.

  • Mematikan dan menyalakan saklar dengan asal.

Nyala – Mati – Nyala – Mati merupakan salah satu hal yang terkadang selalu dilakukan oleh banyak orang. Menghidupkan dan mematikan listrik yang dilakukan dalam waktu berdekatan, hal ini akan membuat saklar listrik mudah rusak, serta memicu arus pendek.

Nyala – Mati – Nyala – Mati saklar akan menghambat arus listrik dan membuat panas konduktor kabel listrik yang dapat menyebabkan kerusakan perabotan dan pemicu kebakaran.

  • Kondisi kabel listrik yang sudah rapuh.

Arus pendek listrik dapat terjadi karena kabel listrik sudah rapuh atau dapat dikatakan tidak layak lagi untuk digunakan. Oleh karena itu, kalian perlu melakukan pemeriksaan secara berkala pada kabel listrik.

Tidak hanya kabel listrik, seperangkat alat – alat yang terkait dengan kabel listrik seperti stopkontak juga perlu diperiksa dengan baik dan benar.