Tempat yang Tak Boleh Anda Lewatkan di Labuan Bajo

Nama Labuan Bajo mungkin masih sedikit asing di telinga Anda. Akan tetapi, Anda pasti sudah pernah mendengar cerita tentang Pulau Komodo yang dihuni oleh kadal-kadal dari zaman purba. Nah, Labuan Bajo merupakan salah satu kabupaten di Flores, Nusa Tenggara Timur yang merupakan pintu masuk menuju pulau tersebut.

Jika Anda sedang merencanakan liburan akhir tahun atau memiliki niat untuk menjelajah Flores, maka jangan sampai Anda melupakan Labuan Bajo. Selain Pulau Komodo yang namanya sudah mendunia, sebenarnya di Labuan Bajo ada banyak sekali tempat menarik untuk Anda lihat.

Tempat-tempat tersebut memiliki pemandangan dan nuansa yang berbeda. Namun rata-rata memberikan nuansa alam yang indah dan sama sekali tidak bisa digantikan oleh pengalaman Anda di daerah lain.

Sudah tentu, sebelum melakukan perjalanan, Anda mesti bersiap-siap, terutama soal transportasi menuju ke lokasi. Kalau Anda berada di Jakarta, pikiran Anda mungkin akan langsung tertuju pada pesawat. Anda bisa menggunakan pesawat untuk perjalanan yang butuh waktu cepat dan jangan lupa untuk selalu mengecek status penerbangan Anda, atau bisa juga travel bis yang lebih lama waktu tempuhnya dan menantang.

Walau memakan waktu lebih lama, jalan darat seperti ini bakal memberi pengalaman dan pemandangan indah seiring Anda menyusuri jalanan berbagai kota. Apalagi di Flores. Kemudian sesampainya di tujuan, pastikan Anda mengunjungi beberapa tempat berikut ini selain mengunjungi Pulau Komodo.

  1. Pink Beach
    Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir putih yang berkilau merah muda bila dilihat pada waktu tertentu. Penyebab warna merah muda itu adalah serpihan teripang dan biota lain yang berwarna merah serta bercampur dengan pasir.

Baik menyukai warna merah muda atau tidak, Anda sebaiknya tetap berkunjung ke sini. Puaskan keinginan Anda memotret dan bermain air di sekitar pantai sebelum menjelajah bagian lain dari Kepulauan Komodo.

  1. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa sebenarnya merupakan kawasan yang memiliki resort. Namun Anda juga bisa mengunjunginya dengan bebas. Di sini Anda akan bertemu dengan suasana pantai yang memiliki pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih. Arusnya cenderung tenang di tepi sehingga Anda bisa bermain air di sini.

  1. Pulau Padar

Adalah salah satu pulau ikonik yang mungkin sering Anda jumpai ketika mencari tahu tentang Labuan Bajo atau Pulau Komodo. Jika memutuskan ke sini, upayakan untuk sampai di lokasi sepagi mungkin. Tujuannya supaya Anda tidak kepasanan dan malah gagal mencapai puncak Pulau Padar.

Di sini Anda memang perlu trekking cukup jauh untuk bisa mencapai puncak dan melihat keindahan seluruh pulau ini. Lalu jangan lupa, tidak ada pepohonan tinggi di sini. Karena itu jika Anda kesiangan sampai di Pulau Padar, mataharinya akan terasa sangat menyengat.

  1. Gili Lawa Darat

Ini merupakan pulau favorit lain di kawasan Kepulauan Komodo. Tentu Anda pernah mendengar kabar sedih mengenai terbakarnya beberapa hektar savana di Gili Lawa Darat. Namun, jika pulau ini sudah boleh dikunjungi ketika Anda sampai di Labuan Bajo, pastikan untuk mampir.

Anda perlu trekking melalui jalur sedikit terjal pada awal pendakian. Kemudian ketika menjelang puncak jalurnya akan semakin santai dan enak untuk disusuri. Pastinya, ketika Anda menengok ke kiri-kanan dari puncak Gili Lawa Darat, akan terlihat lautan yang biru jernih dan savana luas yang indah. Percayalah, Anda akan lupa dengan rasa lelah ketika berada di keindahan pulau ini.

  1. Pulau Kalong

Pulau Kalong adalah salah satu pulau di Taman Nasional Komodo yang berada diantara Pulau Rinca dan Pulau Papagarang. Seperti namanya, Pulau yang memiliki luas sekitar 5 hektar ini merupakan salah satu habitat kalong atau kelelawar yang ada di Labuan Bajo. Pulau ini dihuni oleh ribuan atau bahkan mungkin jutaan Kalong yang hidup diantara pohon bakau yang tumbuh di pulau tersebut.

8 km dari Pelabuhan Labuan Bajo ini bisa ditempuh melalui perjalanan laut selama kurang lebih 35 menit dengan menggunakan speedboat. Keajaiban pulau ini akan nampak saat senja menjelang. Ribuan kelelawar yang dominan berwarna hitam dengan berbagai ukuran akan memenuhi langit Kepulauan Komodo dalam balutan sinar jingga matahari senja.