Tips Menjaga Kekebalan Imun Tanpa Konsumsi Suplemen

Dengan aktivitas yang banyak dan tuntunan kerjaan yang tidak kalah banyak mengharuskan kita untuk menjaga kesehatan tubuh, terlebih memperkuat sistem imun (daya tahan) tubuh. Kekebalan imun pada tubuh bermanfaat untuk melawan bakteri atau virus yang menyerah tubuh, sehingga tubuh tidak akan rentan akan penyakit.

Untuk menjaga kekebalan imun tubuh memiliki banyak cara, mulai dari mengonsumsi suplemen kesehatan bahkan suntik vitamin. Padahal sebenarnya, untuk menjaga kekebalan pada tubuh dapat dilakukan dengan sederhana hanya cukup meluangkan waktu sebentar dan rutin dalam melakukannya.

Berikut 5 tips menjaga kekebalan imun tumbuh tanpa harus mengonsumsi suplemen :

  • Mengonsumsi Air Mineral

Air mineral sangat bagus untuk menjaga keseimbangan pada tubuh. Mengonsumsi air mineral akan memenuhi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi air mineral secara rutin akan membantu dalam penyerapan nutrisi yang lebih baik. Dnegan kata lain tubuh akan lebih segar dan bugar.

Mengonsumsi air mineral setiap pagi memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun ataupun zat yang tidak dibutuhkan bagi tubuh. Dengan demikian, mengosumsi air mineral bermnafaat untuk menlancarkan proses detoksifikasi.

  • Tidur yang cukup

Dengan melakukan tidur 7 – 8 jam perhari akan menjaga energi tubuh, sehingga akan mempengaruhi kuat atau tidaknya stamina tubuh. Dengan kuat stamina tubuh akan memperkuat kekebalan tubuh. Memiliki stamina yang kuat membuat tubuh tidak mudah kelelahan. Kekelahan pada tubuh dapat menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan retan terhadap penyakit.

Dengan tidur cukup, tubuh akan mendapatkan persedian energi yang lebih banyak. Dan pastinya sangat baik untuk menjaga organ vital tubuh, yakni jantung. Kekurangan tidur akan mempengaruhi kinerja jantung yang harus lebih ektra dari biasanya. Sehingga dapat mengakibatkan risiko penyakit jantung.

  • Berolahraga

Berolahraga sangat baik untuk meningkatkan sistem imun ataupun memperkuat kekebalan pada tubuh. Dengan membiasakan otot – otot bergerak akan bermnafaat untuk meningkatkan stamina dan juga meningkatkan proses metabolisme pada tubuh.

Proses metabolisme yang meningkat akan membakar kalori ataupun lemak yang menghasilkan energi yang lebih optimal untuk tubuh. Sehingga tidak ada lemak yang menumpuk pada tubuh yang dapat menyebabkan risiko diabetes ataupun obesitas.

  • Pola makan

Mengatur pola makan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengatur pola makan dengan baik akan membantu dalam meningkatakn kinerja sistem tubuh. Sehingga baik pencernaan ataupun metabolisme akan berjalan dengan baik. Dan pastinya, membuat lambung dan usus lebih terjaga.

Pola makan akan sangat berkaitan dengan asupan makanan yang baik dikonsumsi untuk tubuh. Alangkah baiknya untuk mengindari junk food, karena makanan yang satu ini mengandung lemak dan kalori yang berlebihan sehingga tidak baik untuk dikonsumsi secara terus – menerus.

Makanalah makanan dengan kandungan yang baik, seperti kaya akan nutrisi dan tinggi akan serat sehingga tubuh tetap mampu menghasilkan energi dan mampu menjaga berat badan. Sayuran dan buah sangat dianjurkan. Untuk melengkapi itu semua, diperlukan Susu kolostrum yang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat susu kolostrum dapat menjadi sumber antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh.