5 Trend Desain Power Point Kekinian yang Perlu Dicoba

Trend desain slide selalu berubah dari waktu ke waktu. Hal ini membuat seorang presenter harus rajin meng-update informasi terkait perkembangannya. Karena hal ini akan membuat presenter memiliki banyak wawasan mengenai ilmu desain slide. Selain itu juga akan membuat presenter lebih banyak menggunakan cara dalam menyampaikan konten. Berikut desain powerpoint yang perlu Anda coba!

  • Non Linear Presentation

Presentasi linier merupakan struktur presentasi dengan cara penyampain runtut dari satu slide ke slide lainnya. Berbeda dengan presentasi non linier yaitu presentasi yang memuat adanya penyampaian konten secara lompat atau tidak berurutan. Memiliki arti lain menampilkan slide yang tidak urut namun telah disesuaikan sebelumnya.

Penggunaan desain non linier ini terlihat seperti rumit dan jarang digunakan oleh presenter pada umumnya. Namun kini gaya ini banyak digunakan oleh presenter dengan melakukan penyesuaian terhadap konten dan cara penyampaian sebelumnya. Navigasi yang dilakukan harus tepat karena slide yang ditampilkan tidak urut. Jenis ini cocok digunakan untuk materi umum.

  • Flat Style Design

Gaya desain yang slide presentasi dibuat membentuk pola datar. Gaya datar ini memiliki arti bahwa slide yang ditampilkan memiliki sub konten di dalam satu slide. Gaya ini menggabungkan beberapa icon atau simbol untuk memudahkan dalam berpindah ke konten selanjutnya. Simbol juga berfungsi menyederhanakan  slide agar lebih realistis.

Gaya desain ini akan membuat presenter tidak selalu memindah slide baru karena konten selanjutnya berada dalam slide yang sama dengan judul. Slide ini dibantu dengan fitur hyperlink dari Power Point. Jadi Anda hanya perlu mengklik gambar dan materi selanjutnya akan tampil otomatis

  • Memainkan Custom Color

Tersedianya warna memang memudahkan presenter dalam menerapkan warna slide yang dibuat. Namun, warna yang tersedia cenderung membosankan dan sudah banyak digunakan orang. Jika Anda ingin membuat desain PowerPoint yang berbeda dan menarik, Anda perlu memainkan custom color. Tak hanya menarik, cara ini juga cukup mudah dilakukan.

Beberapa alasan yang membuat Anda  perlu memainkan custom color adalah Anda dapat menggunakan lebih banyak pilihan warna. Warna yang dipilih tetap harus disesuaikan dengan warna dari huruf dan tema dari konten. Hal yang perlu diperhatikan jika penggabungan lebih dari satu warna adalah keterpaduan warna agar terlihat harmonis.

  • Retro Style

Retro style memiliki arti penyisipan unsur klasik dalam slide. Desain yang dibuat menyisipkan objek klasik seperti penggunaan ornamen klasik atau yang dimanipulasi agar terlihat klasik. Selain oranmen, juga dapat menggunakan foto-foto atau gambar lainnya yang bertema klasik. Klasik dalam hal ini memiliki nuansa masa lalu yang kuat.

  • Handwriting Design

Gaya desain slide unik lainnya menggunakan tipografi yang dibuat layaknya persis tulisan tangan. Meskipun terlihat lebih sederhana, namun keunikannya membuat tampilan slide makin menarik dan tidak membosankan. Slide dengan gaya ini bisa digunakan untuk presentasi hal-hal yang bersifat menyenangkan dan ceria.

Selain unik, keunggulan lain dari gaya ini adalah mudah diterapkan. Caranya Anda hanya perlu mencari font tulisan dengan gaya handwriting di situs-situs yang menyediakan font secara gratis. Jika tulisan ingin lebih terlihat realistis bisa dengan bantuan aplikasi. Cara lainnya ada bisa lakukan dengan membuat grafis di kertas kemudian Anda scan.

Uraian di atas merupakan trend yang biasa digunakan dalam membuat desain PowerPoint agar terlihat berbeda dari yang lainnya. Anda bisa mencoba trend desain yang menurut Anda sesuai dan menarik untuk dicoba. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan sendiri, Anda bisa menggunakan jasa desain dan pembuatan Power Point di fastwork.id.