Gendongan Bayi

Salah satu hal yang paling disukai oleh bayi ialah digendong. Namun, seorang ibu akan capek dan pegal-pegal jika seharian harus menggendong bayi terus. Agar menggendong terasa lebih nyaman, maka diperlukan gendongan bayi. Jika dulu umumnya hanya menggunakan selendang, kini ada banyak produk gendongan yang memang didesain untuk ibu yang memiliki anak bayi. Gendongan ini hadir dengan bermacam-macam tipe dan model. Jadi, kalian harus memilih yang terbaik.

Jenis-jenis Gendongan Bayi

Ada beberapa jenis gendongan untuk bayi yang harus kalian tahu. Kalian bisa membandingkannya dan memilih mana yang paling nyaman dipakai:

  1. Ring Sling

Disebut Ring Sling karena gendongan sling bayi ini mempunyai 2 ring (lingkaran) dari plastik atau besi yang menempel di salah satu ujungnya. Fungsinya adalah sebagai simpul untuk mengangkat gendongan tersebut. Cocok untuk bayi yang baru lahir sampai berat 18 kg. Kelebihannya adalah kalian bisa memanjangkan & memendekkan sesuai dengan postur kalian dari ring tersebut. Namun, beban yang tidak ditanggung merata kadang membuat tubuh cepat pegal-pegal.

  1. Baby Wrap

Untuk bayi di bawah 1 tahun, gendongan ini cocok digunakan. Intinya, tubuh bayi harus tidak terlalu berat. Bahannya yang elastis membuatnya fleksibel untuk bermacam-macam cara menggendong. Misalnya adalah untuk menggendong menyamping bertumpu pada bahu, menggendong model depan digantung pada kedua bahu, & menggendong samping bertumpu di pinggul.

  1. Soft Structure Carrier (SSC)

Jika bayi sudah bisa digendong dengan posisi duduk, jenis gendongan bayi ini cocok untuk anda. Kalian bisa menggunakannya untuk menggendong dengan menopang bayi di belakang maupun di depan. Posisi bayi juga bisa menghadap baik ke depan maupun berhadapan dengan ibu. Gendongan ini ideal untuk bayi yang beratnya sekitar 4,5 sampai 11 kg. Namun perlu diingat, gendongan ini bukan untuk bayi yang baru lahir.

  1. Pouch Sling

Dilihat dari bentuknya, ini termasuk gendongan bayi sederhana. Ya, bentuknya seperti kantong kain yang kedua ujungnya dijahit. Ukurannya bermacam-macam sehingga kalian harus memilih yang benar-benar sesuai. Ada juga yang panjangnya bisa diatur. Modelnya yang kecil memudahkan kalian untuk membawanya ke mana-mana. Sayangnya, beberapa produk tidak bisa diatur panjangnya.

  1. Mei Tai

Ini adalah pengembangan model gendongan tradisional dari Cina. Bentuknya unik dengan panel badan serta tali sabuk di bahu & pinggang. Gendongan ini juga hadir dengan sandaran kepala / tudung yang bisa digunakan untuk menutup kepala saat bayi tertidur. Ada juga kantong yang bisa digunakan untuk menyimpan keperluan bayi seperti popok atau pampers.

  1. Stretchy Wrap

Bahan yang digunakan cukup melar membuat kalian bisa menggendong bayi dengan aman dan nyaman. Gendongan model ini bisa dipakai untuk berbagai usia bayi dari baru lahir hingga umur sekitar 1 tahunan. Desainnya yang kokoh menggaransi keamanan dalam mengendong bayi. Model gendongan ini juga cukup mudah digunakan.

  1. Stretchy Hybrids

Ini adalah jenis gendongan bayi yang lentur dan fleksibel. Bahannya yang bisa melar membuat bayi bisa masuk ke gendongan dengan mudah dan nyaman. Dengan gendongan ini, kalian bisa menggendong sang buah hati dalam berbagai macam posisi. Gendongan model ini juga masih bisa digunakan untuk bayi berusia hingga 2 tahunan. Jika dirasa cocok, tak ada salahnya kalian mencoba gendongan ini atau jenis yang lainnya.