Hal yang Harus Anda Tahu Sebelum Membeli Apartemen

Bagi seorang pekerja atau pasangan baru, membeli rumah pasti bukan perkara yang mudah. Anda harus memiliki cukup uang untuk bisa membeli rumah impian. Salah satu cara yang bisa menjadi solusi saat anda belum bisa membeli rumah adalah membeli apartemen. Ya, membeli apartemen kini menjadi solusi lain para pekerja atau pasangan baru untuk memiliki tempat tinggal.

Namun, membeli apartemen bukanlah perkara yang mudah juga. Anda harus memperhatikan banyak hal agar apartemen yang anda beli tidak sembarangan. Anda harus memperhatikan beberapa aspek mulai dari harga, lingkungan, fasilitas, dan masih banyak lagi. Dengan memperhatikan aspek ini, anda akan bisa mendapatkan apartemen sesuai dengan keinginan anda. Lalu bagaimana caranya?

Tips Sebelum Membeli Apartemen

  1. Tentukan area yang ingin anda tempati

Sebelum mulai mencari apartemen, baiknya anda mengerucutkan lokasi yang hendak ditempati. Hal ini akan memudahkan anda dalam mencari apartemen, Misalnya anda ingin tinggal di apartemen Jakarta Barat, anda bisa mencari info soal apartemen dijual di jakarta barat. Atau daerah lainnya.

Dengan begitu, info yang akan anda dapat sudah mengerucut ke tempat yang anda tuju. Anda akan lebih mudah memilih apartemen mana yang hendak anda beli. Info ini bisa di dapat dari internet atau juga dari orang terdekat.

  1. Tanyakan dengan detail soal harga

Poin ini adalah poin yang cukup krusial. Anda harus benar-benar teliti soal harga apartemen. Jangan sampai apartemen yang anda inginkan punya harga jauh lebih tinggi dari anggaran yang anda miliki. Tanyakan pada developer atau situs penjualan bagaimana rincian harga apartemen.

Selain itu, tanyakan juga soal fasilitas dan apa saja yang bisa anda dapatkan dengan membayar seharga itu. Jangan lupa lakukan survey saat mencari info soal harga. Jangan puas dengan menanyakan harga di satu dua tempat saja. Cari sebanyak-banyaknya agar anda memiliki referensi yang banyak.

  1. Perhatikan lingkungan apartemen

Saat melakukan survey, lakukan juga pengecekan pada lingkungan sekitar apartemen. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat keamanan di sana. Jangan sampai setelah anda pindah, ternyata ada banyak bahaya di lingkungan itu. Karena dalam mencari tempat tinggal, kenyamanan dan keamanan adalah aspek yang sangat penting.

  1. Cek akses di sekitar apartemen

Selain melihat keamanan lingkungan, yang juga penting dilakukan adalah mengetahui akses di sana. Apakah dekat dengan jalan raya, apakah dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, rumah makan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda tidak akan kebingungan ataupun kesusahan saat memerlukan sesuatu.

  1. Pastikan lahan parkir aman dan nyaman

Jika anda memiliki kendaraan, poin ini tak kalah penting. Anda harus memastikan apakah lahan parkir di sana baik atau tidak. Apakah aman misalnya dilengkapi CCTV atau tidak. Ini akan memudahkan anda sehari-hari yang menggunakan kendaraan untuk keluar masuk bangunan. Karena jika lahan parkir sempit, anda pasti akan kesulitan setiap harinya.

  1. Lihat review apartemen dan juga developer yang memasarkan

Yang tak kalah penting, lihat review dari apartemen dan juga developer yang memasarkannya. Review ini bisa dilihat di internet atau bisa bertanya pada orang yang pernah memakai jasa mereka. Dengan mengetahui review, anda bisa lebih yakin atau setidaknya tahu bagaimana sistem kerja penjual. Jangan langsung percaya pada developer sebelum mencari reviewnya.

  1. Cari tahu soal status kepemilikan tanah

Sebelum mengonfirmasi pembelian, pastikan juga soal status kepemilikan tanah dan bangunan. Jangan sampai anda membeli apartemen yang ternyata terkena sengketa lahan. Pastikan tanah tersebut aman dan tidak menjadi sengketa pihak manapun. Ini penting karena jika apartemen yang anda beli berdiri di atas tanah sengketa, anda bisa dirugikan.

Anda bisa dipaksa pergi padahal anda sudah membelinya. Untuk itu, minta pada developer informasi pasti soal kepemilikan tanah dan bangunan.

Keuntungan Membeli Apartemen daripada Rumah

Meski membeli rumah memiliki keuntungan yang banyak, tapi nyatanya apartemen kini memiliki penggemarnya sendiri. Ada sebagian orang yang justru nyaman dan lebih suka tinggal di apartemen. Lantas apa saja kelebihan membeli apartemen daripada membeli rumah?

  • Lokasi strategis

Biasanya, apartemen memiliki lokasi yang strategis. Strategis di sini seperti dekat dengan mall, rumah sakit, stasiun, dan lain-lain. Hal ini membuat apartemen lebih menguntungkan daripada mencari rumah yang bisa jadi jauh dari mana-mana.

  • Fasilitas

Tak hanya strategis, fasilitas yang ada di apartemen biasanya lengkap. Ada kolam renang, pusat olahraga, tempat bermain anak, bahkan tak jarang ada juga yang memiliki pusat perbelanjaan sendiri. Fasilitas ini tentu sangat menguntungkan untuk anda yang sibuk dan dituntut bekerja cepat.

  • Praktis dan simpel

Apartemen termasuk lebih praktis daripada harus membeli rumah. Karena mencari penjual apartemen di kota besar sudah sangat mudah. Misalnya apartemen di Jakarta Barat. Ada banyak info yang bisa kamu cari dengan keyword apartemen dijual di Jakarta Barat. Hal ini tentu sangat memberikan kemudahan dan kepraktisan untuk anda.

  • Mudah untuk disewakan

Selain digunakan sendiri, apartemen juga bisa dijadikan investasi. Ini karena apartemen termasuk bangunan yang mudah untuk disewakan.

Masih banyak lagi keuntungan yang sebenarnya bisa diberikan apartemen daripada rumah. Namun semua kembali pada kebutuhan dan keinginan anda. Apakah anda lebih membutuhkan apartemen atau rumah. Jika anda merasa apartemen sudah bisa mencukupi kebutuhan anda, maka belilah apartemen dengan memperhatikan tips – tips di atas. Jangan sampai asal membeli dan justru merugi.