Istilah Pelanggaran di Permainan Sepak Bola yang Wajib Diketahui

Seperti permainan olahraga pada umumnya, terdapat beragam istilah penting yang digunakan menggambarkan situasi yang terjadi di permainan sepak bola termasuk juga teknik dasar sepak bola. Kali ini, istilah yang akan diulas di sini adalah istilah terkait pelanggaran yang terjadi di pertandingan sepak bola. Simak baik-baik ulasan mengenai istilah pelanggaran berikut ini, agar lebih memahami jalannya pertandingan.

  1. Handball

Handball merupakan istilah pelanggaran yang mewakili situasi di mana bola menyentuh tangan pemain. Kiper pun bisa dianggap melakukan Handball, jika sekiranya ia menyentuh bola dengan tangan, saat ia berada di luar kotak penalti. Jika situasi Handball ini terjadi, maka tendangan bebas atau bahkan tendangan penalti bisa diberikan oleh wasit kepada tim lawan.

  1. Foul

Sesuai dengan namanya, Foul merupakan istilah yang menggambarkan pelanggaran yang dilakukan dalam pertandingan sepak bola secara umum. Tidak disebutkan secara rinci apa jenis pelanggaran yang dilakukan oleh pemain. Istilah ini umumnya disebutkan bersamaan dengan istilah yang lebih rinci untuk pelanggaran yang dilakukan oleh pemain di tengah lapangan.

  1. Yellow Card

Hampir semua orang sepertinya tahu istilah yang menandakan pelanggaran di pertandingan sepak bola ini, Yellow Card atau kartu kuning. Kartu kuning akan dikeluarkan oleh wasit, jika pemain di lapangan melakukan pelanggaran ringan. Kartu kuning merupakan bentuk peringatan. Pemain hanya akan menerima satu kartu kuning, jika pelanggaran terjadi lagi, kartu merah akan dikeluarkan.

  1. Red Card

Jika kartu kuning atau Yellow Card diberikan wasit atas pelanggaran ringan yang dilakukan pemain, Red Card atau kartu merah menandakan terjadinya pelanggaran berat. Pelanggaran berat dalam permainan sepak bola mencakup tindakan seperti berkata-kata kasar atau bermain curang. Risiko dari dikeluarkannya kartu merah ini adalah dikeluarkannya pemain dari permainan.  

  1. Spitting

Sesuai dengan arti dari istilah ini, Spitting merupakan jenis pelanggaran yang ditandai dengan pemain yang meludahi pemain lain dari tim lawan. Tentu saja tindakan seperti ini menodai sportivitas dalam pertandingan sepak bola, serta menunjukkan ketidaksopanan pada pemain tim lawan. Wasit akan memberikan sanksi atau hukuman pada pemain yang melakukan tindakan ini.

  1. Dangerous Play

Istilah Dangerous Play merujuk pada tindakan pemain sepak bola yang dianggap membahayakan pemain lainnya seperti yang di ulas dalam website www.daftarpustaka.org. Tindakan membahayakan yang dilakukan pemain tersebut bisa berupa terjangan, pukulan, atau pun tindakan fisik lain yang berpotensi mengakibatkan cedera fisik pemain lainnya. Pelanggaran seperti ini bisa berakibat dikeluarkannya kartu merah oleh wasit.

  1. Foul Throw

Jika seorang pemain sepak bola melakukan kesalahan saat melakukan lemparan bola, otomatis situasi tersebut disebut sebagai pelanggaran. Pelanggaran seperti ini dinamai dengan istilah dengan Foul Throw. Kesalahan tersebut berupa pelemparan bola yang keluar dari lapangan dengan menggunakan kedua tangan.

  1. Diving

Diving merupakan salah satu bentuk kecurangan yang dilakukan oleh pemain sepak bola saat berada di lapangan. Istilah ini merujuk pada pemain yang berpura-pura jatuh atau sakit, seolah-olah tercederai oleh pemain lawan, padahal sebenarnya tak terjadi kontak fisik sama sekali. Tujuan tindakan pura-pura ini tentu saja agar tim lawan dijatuhi sanksi oleh wasit.

Itulah tadi 8 bentuk istilah yang menandakan terjadinya pelanggaran di permainan sepak bola. Sebagai orang yang kerap menonton sepak bola, baiknya Anda paham akan semua istilah ini, agar jalannya pertandingan makin Anda pahami. Anda pun nanti tak akan terheran-heran dan merasa tak adil, jika sekiranya tim yang Anda dukung dikenai sanksi oleh wasit.