Apa Saja Mainan yang Sesuai untuk Bayi Usia 3 Bulan

Tahukah kalian jika salah satu syarat memberikan mainan kepada bayi adalah dengan menyesuaikan usia dan tumbuh kembang bayi? Mengapa? Karena ketika kalian memilih mainan bayi yang sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembang bayi akan membantu agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Selain itu biasanya juga digunakan untuk memberi dorongan pada bayi dalam proses tumbuh kembang selanjutnya. Misalnya saja bayi akan mulai mengetahui hal seru apa yang bisa mereka lakukan dengan tangannya saat mereka berusia 3 bulan. Jadi tidak heran jika pada usia ini bayi akan senang menggigit-gigit jari atau benda di sekeliling mereka. Untuk itu, di usia ini, bayi sudah mulai bisa diberikan mainan, tapi jangan sampai memberikan sembarang mainan. Misalnya saja kalian bisa memberi mainan yang bisa digenggam, digigit, dan dimainkan. Nah bagi kalian yang masih bingung, jenis mainan apa saja yang bisa kalian berikan pada bayi 3 bulan, tak ada salahnya menyimak ulasan di bawah ini yang akan sedikit membahas mengenai mainan bayi 3 bulan. Selamat membaca!

Beberapa Mainan Bayi 3 Bulan

Ada begitu banyak mainan yang bisa diberikan pada bayi, tetapi tidak semua mainan baik dan cocok diberikan kepada bayi. Mainan yang baik adalah mainan yang memiliki peranan untuk turut mengembangkan saraf sensorik, motorik, dan kecerdasan bayi. Secara tidak langsung bisa dikatakan jika mainan itu bisa membantu tumbuh kembang bayi sesuai usianya. Nah berikut adalah beberapa rekomendasi mainan yang baik untuk bayi berusia 3 bulan:

  • Mainan gigit/Teether

Memang gigi bayi biasanya baru akan mulai tumbuh saat memasuki usia sekitar 6 bulan. Namun, biasanya saat berusia 3-4 bulan, bayi akan mulai terlihat sering menggigit tangannya dan mengeluarkan air liur yang banyak. Tak perlu panik karena ini adalah suatu hal wajar yang menjadi pertanda dimulainya proses tumbuh gigi bayi. Atau bisa dibilang jika ini merupakan waktu yang tepat untuk memberikan teether pada bayi. Dengan memberikan teether atau mainan gigit dari karet, akan membantu bayi meredakan rasa gatal, nyeri, atau sakit pada gusinya akibat tumbuh gigi. Oh iya, kalian juga harus selalu memastikan jika teether tersebut terbuat dari bahan yang aman untuk bayi ya.

  • Rattles Ringan/Kerincingan

Rattle atau biasa disebut kerincingan merupakan salah satu jenis mainan yang efektif untuk menghibur bayi usia 3 bulan. Mainan satu ini dibuat agar mudah untuk digenggam bayi sehingga biasanya akan dibuat dari bahan yang ringan. Biasanya, bayi usia 3 bulan akan suka pada sesuatu yang bisa menghasilkan berbagai suara, dan rattle adalah salah satunya. Ketika bayi menggerakkan tangannya, rattle yang dia pegang akan berbunyi. Oh iya, kalian harus memastikan jika rattle yang kalian miliki tidak mengandung partikel-partikel kecil. Mengapa? Karena akan menjadi berbahaya jika partikel tersebut tertelan bayi.

  • Boneka

Mainan satu ini nampaknya menjadi pilihan hampir semua orang tua. Boneka memiliki manfaat untuk membantu bayi dalam mengenali berbagai tekstur yang berbeda, dan juga untuk melatih kemampuan memegang bayi. Jangan lupakan fakta jika bayi pada usia ini sedang senang menggigit dan memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Jadi kalian harus memastikan jika boneka yang kalian berikan terbuat dari bahan yang aman untuk bayi dan mudah dibersihkan. Oh iya, boneka ini harus dicuci secara rutin ya agar kebersihannya tetap terjaga. Jika kalian bingung memilih boneka yang tepat untuk anak 3 bulan, sebaiknya pilih jenis boneka yang memiliki bahan lembut dan bisa dipeluk. Pastikan untuk tidak memilih boneka yang memiliki kawat di telinga atau ekornya, karena bisa membahayakan bayi.

  • Mainan gantung/Crib Mobile

Crib mobile adalah jenis mainan lain yang juga tepat diberikan pada bayi usia 3 bulan. Kalian tahu mainan bayi yang bisa berputar, mengeluarkan suara atau cahaya dan bisa digantung di atas tempat tidur bayi? Nah itu adalah permainan ini. Bayi 3 bulan biasanya akan sangat tertarik pada mainan yang berputar, mengeluarkan suara, atau mengeluarkan lampu aneka warna. Apa pun jenis mainan yang bisa mengeluarkan musik, pasti disukai bayi usia ini. Apalagi, kalau mainan itu mudah digenggam tangan bayi dan memiliki warna ataupun tekstur yang menarik.

  • Mainan untuk bercermin

Ada beberapa mainan bayi yang memiliki bagian mirip dengan cermin, namun bedanya tak bisa pecah. Kalian bisa memberikan bayi usia 3 tahun dengan jenis mainan satu ini. Tujuannya adalah untuk membantu bayi dalam meningkatkan fokusnya pada wajah. Selain itu juga untuk membantu proses stimulus untuk perkembangan sosial dan bahasa bayi.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai mainan bayi usia 3 bulan. Semoga bermanfaat!