Sandy Walsh

Berita sepakbola Indonesia kini sedang diramaikan oleh pemain naturalisasi pertama di timnas Indonesia yang pertama pada era modern adalah seorang Cristian Gonzales. Kemudian beberapa pemain yang lahir bukan di Indonesia mulai memperoleh kewarganegaraan Indonesia dan membela tim nasional.

Beberapa pemain dari luar negeri yang memiliki silsilah keturunan Indonesia kemudian juga memilih untuk membela Indonesia setelah Irfan Bachdim dan Kim Jeffrey Kurniawan memilih berseragam Garuda. Sosok Sandy Walsh kini banyak dibicarakan karena memberi pernyataan ingin bermain bagi Indonesia. Mau kenal sosok Sandy Walsh lebih dekat? Simak ulasan singkat berikut ini.

Nama Sandy Walsh mulai dikenal publik sepakbola Indonesia setelah ia memberi pernyataan terbuka melalui media sosial terkait kecintaannya pada Indonesia dan keinginan untuk mengenakan seragam tim nasional Indonesia. Keinginan tersebut disebutnya terus tumbuh setelah ada begitu banyak netizen dari Indonesia yang memberinya semangat serta motivasi. Pemain belakang tersebut memang memiliki silsilah keturunan darah Indonesia. Ia lahir di Belgia dari ayah kelahiran Inggris keturunan Irlandia; sedangkan ibunya seorang Belanda kelahiran Swiss dengan silsilah keturunan dari Indonesia. Kondisi tersebut kemudian memungkinkan Sandy Walsh untuk memperkuat tim nasional Belgia, Republik Irlandia, Swiss, Belanda, Inggris dan Indonesia.

Sandy lahir di Brussels pada tanggal 14 Maret 1995; ia menjalani karir sepakbola sebagai siswa akademi sepakbola Tempo Overijse antara tahun 2001 – 2002; kemudian selama setahun di akademi sepakbola ERC Hoeilaart. Akademi sepakbola Anderlecht kemudian menjadi perhentian Sandy; ia berada di akademi klub elit Belgia tersebut selama 8 tahun hingga 2011 dan kemudian hijrah ke Genk. Debutnya bersama tim senior dengan seragam Genk pada tanggal 2 September 2012 pada pertandingan melawan Anderlecht di Belgian Pro League yang berakhir imbang 2 – 2. Selama 5 tahun berseragam Genk; Sandy Walsh tercatat bermain di 60 pertandingan dan mencetak 2 gol.

Pada bursa transfer musim panas 2017; Sandy hijrah ke Zulte Waregem yang juga berlaga di kompetisi Belgian Pro League. Penampilan perdananya bersama klub baru tersebut terjadi pada tanggal 5 Agustus 2017. Sandy dimainkan sebagai pemain pengganti melawan Sint-Truiden yang berakhir dengan kemenangan 2 – 0 untuk Zulte Waregem. Kini dengan catatan bermain untuk Zulte Waregem sebanyak 50 kali dan telah mencetak 1 gol; Sandy Walsh kembali menjadi perbincangan di berita sepakbola Indonesia yang kini kembali ditangani oleh pelatih asing. Seorang Simon McMenemy yang kini menangani tim nasional senior berpotensi memperoleh tambahan kekuatan dari pemain yang bermain di Eropa lewat jalur naturalisasi.

Sandy Walsh yang lahir di Belgia justru menjadi bagian dari tim nasional junior Belanda. Ia telah tercatat tampil sebanyak 26 kali bersama tim nasional Belanda dari jenjang U-15 hingga U-19. Ia bahkan sempat menjadi bagian dari tim nasional Belanda U-17 yang memenangkan gelar juara Piala Eropa U-17 pada tahun 2012. Mengenai alasan keinginannya bermain untuk timnas Indonesia di masa datang; ia menyebut demi menghormati kakek neneknya yang memang berdarah Indonesia. Sandy tercatat beberapa kali membuat unggahan yang berkaitan dengan Indonesia. Ia sempat menjadi bahan pembicaraan hangat seputar berita sepakbola Indonesia karena mengunggah foto pelindung lutut dengan gambar Garuda Pancasila. Kemudian ia juga pernah mengunggah sepatu dengan gambar bendera Merah Putih yang ia gunakan pada pertandingan bersama Zulte Waregem. Bahkan Sandy sempat memberi ucapan selama hari kemerdekaan Indonesia melalui unggahan di media sosial.

Meski kakek nenek Sandy yang berasal dari Indonesia telah meninggal; tetapi dirinya tetap berusaha menunjukkan hubungan dengan Indonesia melalui hal – hal kecil dalam kehidupan sehari – hari. Bahkan ia pernah mengatakan secara terbuka bahwa suatu hari nanti dirinya ingin bermain untuk tim nasional Indonesia untuk menghormati leluhurnya. Kedatangan pemain naturalisasi baru bisa menjadi daya tarik tersendiri dari pertandingan tim nasional kita. Meski belum ada kepastian kapan Sandy Walsh akan bergabung dengan timnas; tidak ada salahnya untuk selalu memantau jadwal timnas Indonesia dan berita sepakbola Indonesia yang akan menjalani beberapa laga persahabatan dan kualifikasi. Pada bulan Maret ini tim nasional Indonesia akan menjalani laga uji coba melawan Myanmar pada tanggal 25 Maret 2019.