Biar Enggak Norak, Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Naik Pesawat

Bepergian ke berbagai pelosok negeri bisa menjadi lebih cepat dengan pesawat. Kerennya lagi, di masa kini pesawat banyak dipilih karena harganya makin terjangkau. Meskipun bepergian dengan pesawat sudah wajar dilakukan oleh hampir semua orang, masih ada saja orang-orang yang bisa bikin kamu mengernyitkan dahi. Entah tidak sengaja atau karena kurangnya kecerdasan emosional dan empati, ada saja ulah penumpang pesawat yang bakal bikin kamu tepok jidat.

Nah, biar enggak dibilang kampungan—meski cuma naik pesawat ekonomi—kamu harus paham bahwa ada aturan-aturan, baik tertulis dan tidak tertulis, yang harus kamu patuhi saat menumpang pesawat. Padahal, banyak di antaranya itu common sense dan seharusnya kamu mahfum. Biar kamu enggak bingung, baiknya simak deh nih 7 hal yang enggak boleh kamu lakukan kala jadi penumpang pesawat.

  1. Cari Bercandaan yang Aman

Hal yang paling enggak boleh kamu bicarakan saat hendak menumpang pesawat adalah “bom”. Meskipun sebenarnya terkesan lucu, tapi kalau kamu dan teman kamu ngomongin bom dan kedengeran sama petugas keamanan bandara atau saat sudah di pesawat dan kedengaran sama pramugari dan kru pesawat lainnya, bakal berabe urusannya nanti.

  1. Jangan Coba-Coba Obat Baru

Jangan sekali-kali mencoba obat baru yang efek sampingnya belum kamu ketahui sebelumnya saat hendak naik pesawat. Baiknya, coba dahulu saat masih di darat sebab penanganan kesehatan di udara enggak sebaik di darat. Lagian kan ini untuk keselamatan dan nyawa kamu.

  1. Hindari Bawa Makanan Berbau Menyengat

Kalau kamu doyan banget sama durian, jangan sampai kebablasan ya. Jangan ada niatan membawa bekal durian untuk dimakan saat naik pesawat. Kalau kamu tetap nekat, bisa-bisa kamu bakal ditahan di bandara oleh polisi bandara.

  1. Jangan Rebahkan Kursi Saat Makanan Dibagikan

Jangan jadi orang egois, baiknya kamu sadar bahwa saat makanan dibagikan, penumpang yang duduk di belakangmu mengandalkan meja makan yang ada di belakang kursimu. Jadi, dengan tidak merebahkan kursi, kamu akan dapat pahala karena berbuat baik.

  1. Jangan Makan Tempat Orang Lain

Sadarlah bahwa space di pesawat tidak luas, jadi baiknya kamu jangan sampai terlalu banyak bergerak. Perhatikan pula sikap dudukmu, jangan sampai kamu mengganggu kenyamanan penumpang di sebelahmu. Misalnya, untuk kamu yang perempuan, kadang mungkin kamu tak sadar bahwa mengibas rambut terlalu bersemangat bisa saja membuat penumpang di sebelah kelilipan.

  1. Perhatikan Peragaan Keselamatan

Kamu mungkin ada di golongan orang yang cenderung meremehkan peragaan keselamatan saat pesawat hendak lepas landas. Mungkin kamu merasa sudah sering terbang, jadi buat kamu peragaan keselamatan bukanlah sesuatu yang baru. Namun, baiknya kamu selalu perhatikan peragaan keselamatan dan amati dan hitung barisan dari tempat dudukmu ke pintu darurat terdekat. Kalau bukan kamu, siapa lagi yang akan peduli pada keselamatan diri sendiri?

  1. Jagalah Sopan Santun

Mungkin kamu pergi naik pesawat bersama sahabat-sahabat terdekatmu dan kebetulan duduk di satu barisan yang sama, tetapi yang harus kamu ingat, di pesawat masih ada banyak orang lain yang punya hak untuk dapat kenyamanan. Baiknya kamu dan teman-teman tidak terlalu berisik dan hindari berbicara hal-hal tidak sopan.

Nah, barusan tadi adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan selama bepergian dengan pesawat. Baiknya hal-hal di atas kamu pelajari dan tidak kamu lakukan agar perjalanan kamu nyaman.