Cara Praktis Mengajukan Pembuatan PT

Memang tidak bisa dipungkiri untuk membuat PT (Perseroan Terbatas)  ini caranya lumayan sulit untuk dilakukan. Ditambah lagi waktu yang dibutuhkan dengan tenaga juga tidaklah sedikit. Dari semua hal ini wajarlah apabila banyak orang memlih mencari jasa pembuatan PT online yang  menjadikan pembuatan PT tersebut mudah tanpa ribet sama sekali. Namun apabila Anda ingin menghemat uang yang dipunyai berarti harus mengajukan sendiri pembuatan PT yang hendak didirikan.  Nah, untuk  yang ingin melakukan hal tersebut tentunya harus mengetahui cara praktisnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui bagaimana cara praktis dalam mengajukan pembuatan PT, Anda akan terbantu sekaligus termudahkan dalam pengajuan yang dilakukan.  Untuk itulah simak informasi tersebut dengan baik agar bisa mengaplikasikannya dengan baik.

Total terdapat tujuh langkah dalam tata cara mengajukan pembuatan PT paling praktis  yang wajib dilakukan. Bila Anda melakukannya dengan benar terlebih dengan bantuan orang lain dijamin akan mudah seluruhnya dilakukan. Adapun urutan tata caranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan Semua Data yang Dibutuhkan

Tentunya cara praktis pertama yang harus Anda lakukan untuk mengajukan pembuatan PT ini adalah mempersiapkan semua data yang dibutuhkan.  Data yang dibutuhkan tersebut antara lain ada nama PT,  pengurus PT, maksud dan tujuan PT, Tempat dan Kedudukan PT dan  struktur permodalan dari PT.  Seluruhnya tersebut Anda persiapkan dengan baik dan tidak boleh secara sembarangan. Terdapat tata cara untuk membuat seluruh data yang dibutuhkan dalam mengajukan pembuatan PT tersebut sehingga Anda memang harus mempelajarinya dengan baik terlebih dahulu.

  1. Membuat Akta Pendirian di Notaris

Setelah Anda berhasil menyiapkan semua data yang dibutuhkan untuk mengajukan mengajukan pembuatan PT sesuai ketentuan yang berlaku, silahkan langsung saja membuat akta pendidiannya di notaris.  Notaris bisa bebas Anda pilih tidak harus sesuai dengan wilayah dimana PT nantinya akan didirikan asalkan notaris tersebut sudah terdata atau terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM secara resmi.

  1. Pengesahan SK ke Mentri Hukum dan HAM

Begitu notaris telah selesai pada pembuatan akta pendirian PT, maka yang seharusnya akan diajukan adalah pengesahan dari akta tersebut. Tentunya pengesahan tersebut akan disahkan oleh Mentri Hukum dan HAM melalui surat keputusan yang ada.  Nomor pajak harus  dipunyai setelah surat keputusan tersebut diperoleh PT.

  1. Domisili

Perlu Anda ketahui bahwa sebuah PT yang berdiri wajib untuk mempunyai izin domisili. Izin tersebut akan diberikan oleh desa atau kelurahan dimana PT tersebut berada.  Banyak yang sering melewatkan izin kelurahan padahal kelurahan tersebut menjadi lokasi yang penting  dalam pembautan PT yang legal sifatnya.

  1. Mengurus NPWP

Anda wajib untuk mengurus NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) ke kantor pajak. Biasanya dalam mengajukan pembuatan PT, Anda akan mendapatkan  SKT (Surat Keterangan Terdaftar) Pajak dan NPWP yang sifatnya sangatlah penting.

  1. Mengurus Izin untuk Usaha

Tata cara berikutnya dalam mengajukan pembuatan PT yang harus dilakukan adalah mengurus izin untuk usaha. Izin ini merupakan syarat yang penting bagi sebuah perusahaan bisa berdagang ataupun menjual jasa. Izin usaha akan diberikan oleh Pemerintah daerah dan Anda harus mengurusnya dengan baik sesuai dengan prosedur yang ada.  SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan) yang akan didapatkan tersebut mempunyai empat kategori yakni SIUP besar, SIUP Mikro, SIUP Kecil dan SIUP Menengah.

  1. Mengurus Tanda Daftar Perusahaan

Terakhir,  yang harus Anda lakukan dalam mengajukan pembuatan PT ini adalah mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP).   TDP ini menjadi tanda pengakuan akan keberadaan PT yang didirikan.  Setelah mempunyai TDP ini tidak akan terjadi masalah perihal pengakuannya  karena sudah diatur dalam UU No. 3 Tahun 1982 pada pasal 5 ayat 1.

Demikianlah itu tadi merupakan tata cara dalam mengajukan pembuatan PT yang benar, legal dan paling praktis yang harus Anda ketahui. Silahkan Anda simak setiap langkah dalam informasi tersebut dengan baik dan jangan sampai ada yang terlewat. Tentunya setiap tata cara mengajukan mengajukan pembuatan PT ini harus Anda lakukan secara urut dan tidak sembarangan demi kemudahan dan kesuksesan pembuatan dari PT tersebut.