Ini Ciri-Ciri Kamar Tidur yang Memenuhi Syarat Kesehatan

Menurut sebagian orang, desain kamar tidur yang baik adalah kunci agar kamar tidur Anda sehat. Benarkah anggapan itu? Nyatanya, desain kadang juga tak berpengaruh terlebih bila kamar tidur Anda memiliki ruang kecil seperti kamar tidur minimalis. Lalu, sebenarnya seperti apa ciri-ciri kamar tidur yang memenuhi syarat sebagai kamar tidur yang sehat itu?

  1. Ukuran Luas dan Tinggi Langit-Langit Pas

Salah satu ciri kamar tidur yang sehat adalah ukuran luas dan tinggi langit-langinya pas. Tidak terlalu lapang sedangkan langit-langitnya terlalu rendah dan sebaliknya. Selain itu, ukuran ini juga harus pas untuk penempatan barang yang dibutuhkan agar tak menimbulkan kesan sempit. Kalau tidak, ruanganmu akan terasa sempit dan sirkulasi udara jadi tak bagus.

  1. Ada Jendela

Kamar tidur yang sehat juga memiliki jendela sebagai sumber pencahayaan yang alami. Anda akan memiliki tidur yang lebih nyaman dengan jendela di kamar terlebih bila jendela tersebut sering dibuka. Jangan sampai hanya mengandalkan penerangan listrik saja karena ini tak bagus untuk kesehatan Anda.

Lagipula, selain berfungsi sebagai pencahayaan alami, jendela juga bisa dijadikan objek pemandangan yang bagus ke luar bila Anda sumpek dengan ruang tidur. Desain kamar tidur dengan jendela ini ada banyak tergantung dari selera Anda. Mau jendela bundar, persegi empat dan lainnya, semua bisa Anda pilih.

  1. Ventilasi Udara Lengkap dengan Penyaring Udara

Selain adanya jendela, adanya ventilasi udara lengkap dengan filter udaranya juga diperlukan. Ini berguna untuk tempat pertukaran udara di kamar tidur minimalis Anda. Filter udara berguna untuk menyaring polutan seperti partikel debu sehingga udara yang masuk jadi lebih sehat.

Ingat, meskipun kamar Anda memiliki AC, sebaiknya tetap miliki ventilasi udara dengan filternya agar kamar tidak lembap dan lebih sehat. Kamar yang lembap akan mudah menjadi sarang bakteri dan lumut. Tentunya ini menjadikanmu lebih tak nyaman ketika ada di dalamnya. Terlebih, Anda juga akan lebih mudah sakit dengan semua ini.

  1. Bersih

Tentunya, kamar tidur yang sehat mempunyai ciri bersih. Tidak ada sampai berserakan di dalamnya dan semua barang di kamar tersusun di tempatnya. Menyapu kamar tidur sehari sekali bisa jadi cara terbaik untuk membuat kamar Anda lebih bersih sehingga Anda di dalamnya jadi lebih nyaman dan betah ketika beristirahat.

  1. Toilet Tak Jadi Sumber Bau

Bagi kamar tidur yang memiliki kamar mandi dan toilet sendiri, kamar mandi yang tak jadi sumber bau juga bisa jadi ciri kamar tidur yang sehat. Caranya, kamar mandi dan toilet Anda harus memiliki ventilasi udara sendiri yang mengarah keluar. Jangan sampai ada lubang udara yang mengarah ke kamar tidur Anda dari tepat ini.

  1. Dua Macam Lampu Penerangan

Kamar tidur yang sehat biasanya juga memiliki dua macam lampu penerangan. Ada lampu redup yang biasanya digunakan ketika tidur dan lampu terang ketika biasa. Lampu redup ini bagus digunakan ketika Anda tengah beristirahat sehingga ketika bangun tubuh Anda bisa jadi lebih sehat dan bugar.

Nah, sekarang apakah kamar tidur Anda telah memiliki ciri-ciri di atas? Desain kamar tidur memang penting agar Anda nyaman berada di dalamnya. Namun, kamar tidur yang sehat juga penting. Tak masalah apakah tipe kamar tidur Anda kamar tidur minimalis atau bukan. Paling penting, semuanya memenuhi syarat kesehatan di atas sehingga Anda lebih nyaman.