Jenis Aplikasi Payroll yang Dapat Dijadikan Pilihan

Payroll merupakan data gaji sekaligus item-item yang masuk dalam perhitungannya. Perusahaan akan menggunakannya dalam menghitung gaji agar lebih mudah. Kini perhitungan itu bisa dilakukan lebih cepat dengan aplikasi payroll. Anda selaku HRD tidak perlu lagi pusing karena aplikasi ini akan sangat membantu. Berikut ini jenisnya yang bisa dijadikan pilihan.

  1. Payroll Service

Perusahaan tentunya akan membuat data penggajian karyawan dan selalu mempersiapkannya setiap akan melakukan pembayaran gaji. Selain itu data ini juga berisi perhitungan pajak yang akan dibayarkan sesuai tanggal jatuh tempo dengan besaran yang telah dihitung. Ada juga berbagai informasi lainnya terkait karyawan yang terdata dalam payroll service.

Seluruh data karyawan tersimpan lengkap dan bisa di-update dengan mudah. Payroll service ini dilakukan secara online. Di mana perusahaan akan menyimpan datanya di server sendiri. Anda yang memiliki perusahaan dengan jumlah kecil atau masuk dalam kategori menengah bisa memilih jenis aplikasi ini. Seluruh data bisa diakses lewat server yang dimiliki.

  1. Hosted Payroll

Jika Anda tidak mau ribet bisa menggunakan sistem aplikasi payroll hosted. Jenis aplikasi penghitungan gaji karyawan yang melibatkan pihak ketiga. Data akan di-hosting oleh pihak ketiga dari jauh dan Anda dari pihak perusahaan bisa mengaksesnya kapan pun dan di mana pun sesuai kebutuhan.

Keuntungannya menggunakan sistem aplikasi ini adalah pihak perusahaan tidak perlu menyediakan software khusus untuk penyimpanan data. Selain itu juga tidak memerlukan server lagi karena semua penghitungan dilakukan oleh pihak ketiga.

Anda cukup memberi tahu bagian fitur yang diperlukan untuk penghitungan gaji karyawan di awal kesepakatan. Ini biasanya digunakan oleh perusahaan dengan jumlah karyawan yang sangat banyak dan demi keakuratan data digunakanlah pihak ketiga.

  1. Cloud Payroll

Selanjutnya ada pilihan aplikasi untuk payroll dengan basis cloud. Anda yang menggunakan aplikasi ini data disimpan di server dengan jarak jauh yang bisa diakses melalui internet. Aplikasi ini dikelola langsung oleh jasa yang menyediakannya. Sekarang hampir semua software payroll telah menggunakan sistem aplikasi berbasis cloud.

Anda bisa mengakses payroll kapan pun dan di mana pun. Perangkat harus selalu terhubung dengan internet. Sistem aplikasi ini akan melakukan update secara otomatis sesuai dengan ketentuan. Misalnya saja update penghitungan pajak gaji yang berubah secara berkala akan di-update secara langsung.

Anda tidak perlu lagi kebingungan dan melakukannya secara manual. Aplikasi ini akan sangat membantu penghitungan gaji karyawan. Bisa digunakan untuk perusahaan besar sampai perusahaan menengah sesuai kebutuhan.

Fitur yang akan digunakan dalam payroll nantinya bisa dipilih sesuai dengan ketersediaan yang ada. Anda bisa melihatnya di website penyedia jasa atau pun menanyakannya di saat akan membuat kesepakatan. Adanya software aplikasi ini bisa diakses oleh siapa saja yang diinginkan perusahaan dengan hak akses khusus.

Setiap yang bisa mengakses akan diberikan password dan user. Enaknya lagi, aplikasi ini juga bisa diakses secara mobile yang membuat Anda lebih praktis. Cukup menyediakan data base karyawan sebagai data induknya. Nanti semua penghitungan akan dilakukan dengan rumus yang telah dikoordinasikan dengan pihak penyedia software aplikasinya.

Apa pun jenis aplikasi payroll yang akan dipilih tujuannya untuk memudahkan Anda dalam menghitung gaji karyawan tanpa ada kesalahan. Tidak perlu bingung mencari jasa yang terpercaya karena bisa menggunakan greatdayhr.com. Anda bisa mengundang pihak ini untuk melakukan demo menjelaskan secara detail jasa yang akan ditawarkannya agar lebih dipahami.