Jual Beli Emas atau Gadai Emas

Emas merupakan salah satu aset yang dijadikan sebagai investasi karena nilainya yang stabil dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Emas bahkan cenderung mengalami kenaikan harga setiap tahunnya dan kebal akan inflasi membuat banyak yang jual beli emas sebagai bentuk investasi.

Emas bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang, investasi jangka pendek, dana darurat ataupun sebagai aset warisan. Logam mulia menjadi salah satu aset investasi yang diminati baik itu dalam bentuk emas batangan Antam ataupun berupa perhiasan. Konsep investasi yang dikenal yaitu membeli emas pada saaat harga murah kemudian disimpan pada jangka waktu tertentu. Pada saat harga emas naik maka akan dijual lagi untuk mendapatkan keuntungan.

Jual Beli Emas atau Gadai Emas

Kita tidak bisa memprediksi kondisi keuangan di masa depan. Bisa saja tiba-tiba terdapat keadaan darurat di mana kita membutuhkan dana dengan alasan-alasan tertentu misalnya membutuhkan biaya perawatan, kebutuhan sehari-hari, kehilangan pekerjaan, ataupun berbagai alasan lainnya.

Karena kebutuhan mendesak dan apabila memiliki emas, maka muncul pertanyaan apakah harus jual emas atau digadaikan saja? Agar lebih mudah menentukan pilihan, berikut terdapat keuntungan dari jual emas dan gadai emas.

  • Kelebihan jual emas :
  1. Harga jual emas lebih tinggi karena mengikuti harga standar Antam namun tergantung di mana tempat membeli emas. Harganya juga tetap fluktuatif. Beberapa toko emas bahkan juga memiliki standar harga buyback 4%.
  2. Proses pencairan dana yang cepat di mana anda bisa langsung menerima uang tunai pada saat itu juga setelah emas diserahkan.
  3. Untuk lokasi jual emas bisa dilakukan di toko-toko emas di kota anda.
  • Kelebihan gadai emas :
  1. Nilai pencairan lebih rendah dibandingkan dengan harga jual emas namun anda bisa mendapatkan emas kembali nantinya karena bukan dijual dan hanya digadaikan. Biasanya nilai gadai yaitu berkisar antara 85% – 95% dari nilai taksir.
  2. Gadai emas diperuntukkan bagi nasabah yang membutuhkan dana karena keadaan darurat sehingga dana juga dapat diterima dengan cepat biasanya 30 menit hingga 3 jam tergantung melakukan gadai emas di Bank Syariah atau pegadaian.
  3. Untuk lokasi gadai bisa dilakukan di Bank Syariah dan Pegadaian Syariah.

Jadi kesimpulannya, gadai emas lebih cocok bagi yang membutuhkan dana darurat sedangkan jual emas lebih cocok digunakan dalam investasi karena bisa dijual pada saat harga emas naik atau sesuai dengan keinginan.

Apabila anda ingin membeli emas digital dengan harga yang murah sebagai awal investasi, anda bisa membelinya di Sehatigold. Bukan hanya beli emas digital, anda juga bisa jual emas digital bahkan bertransaksi secara digital secara cepat dan aman. Tidak perlu khawatir karena emas digital yang dibeli kemudian bisa ditukar menjadi logam mulia dan emas batangan. Untuk harga emas hari ini yaitu harga beli Rp 851.382 dan harga jual Rp 810.053 per gram.