Kenali 4 Gangguan Pencernaan pada Anak

Masa anak-anak memang masa yang rentan terhadap berbagai macam penyakit. Apalagi kalau anak tidak mendapatkan asupan gizi yang tercukupi. Salah satu penyakit yang sering datang berupa gangguan pencernaan pada anak. Oleh karena itu, simak informasi berikut ini mengenai gangguan pencernaan tersebut yang sering kali dialami oleh anak-anak.

1. Diare

Gangguan pencernaan ini biasanya menyerang pada usus. Hal ini dikarenakan anak sering mengonsumsi makanan yang tidak higienis atau terjaga kebersihannya. Pasalnya di dalam makanan yang tidak bersih atau higienis itu, mengandung berbagai macam bakteri. Apabila jumlah bakteri yang tidak baik tersebut lebih banyak daripada bakteri baik dalam usus, dapat mengakibatkan diare.

Apabila sudah terinfeksi dan terjangkiti diare, tubuh secara alami akan mengeluarkan bakteri tidak baik tersebut melalui feses. Pada saat mengeluarkan feses pun, bentuk atau konsistensinya sendiri lebih encer daripada saat mengeluarkan feses pada saat usus dalam kondisi normal. Jika konsistensi dari feses tersebut lebih encer dan belum lagi frekuensinya lebih sering, maka bisa mengakibatkan anak mengalami dehidrasi. Jika sudah begini, maka tubuh anak akan menjadi lemas.

2. Sembelit

Selain diare, anak juga rentan mengalami gangguan pencernaan berupa sembelit. Hal ini bisa disebabkan anak kurang asupan gizi yang mengandung serat dalam makanannya. Apabila Anda membiarkan anak mengalami sembelit secara terus menerus, tubuh anak juga akan mengalami lemas. Pasalnya, kotoran sisa makanan bisa menumpuk dalam tubuh dan bisa menjadi racun jika tidak segera dikeluarkan. Akibatnya anak akan sering mengeluh kesakitan.

Apabila Anda ingin anak terhindar dari gangguan pencernaan seperti ini, usahakan Anda menyajikan menu makanan yang mengandung banyak serat. Misalnya saja gandum, yoghurt, buah pepaya, buah pisang, kacangan-kacangan seperti kacang panjang dan juga sayur-sayuran hijau.

3. Muntah-Muntah

Apabila Anda mendapati anak sering muntah-muntah, Anda patut untuk curiga. Bisa jadi, anak mengalami berbagai macam alasan. Misalnya infeksi virus, alergi bahkan yang terparah adalah keracunan makanan. Bisa juga dikarenakan alasan lainnya misalnya ada gejala usus buntu, demam, atau diare.

Dari berbagai macam jenis penyakit tersebut, bisa Anda ketahui melalui ciri-cirinya. Apabila anak masih mau makan dan minum walaupun itu sedikit dan tidak disertai demam yang tinggi, kemungkinan muntah tersebut termasuk kategori muntah biasa. Bila Anda mendapati ciri-ciri lainnya, misalnya sampai anak lemas, kehilangan nafsu makan, bahkan terlihat kuning, segeralah menuju ke fasilitas kesehatan yang terdekat.

4. Sakit Perut

Gangguan yang biasa dialami oleh anak-anak lainnya adalah sakit perut. Sakit perut ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa disebabkan karena masuk angin, mual, diare, sembelit atau lainnya. Apabila Anda mengetahui anak mengalami sakit perut yang cukup lama, bahkan bisa lebih dari seminggu, Anda harus membawa anak ke dokter.

Demikianlah beberapa informasi mengenai gangguan pencernaan pada anak yang sering dialami. Usahakan Anda sebagai orangtua memberikan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuhnya agar terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya yang menyerang pencernaan.