Kenali Penyebab Ketiak Hitam dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada bermacam – macam penyebab ketiak hitam, salah satunya adalah kurang tepatnya dalam memilih diodorant. Sebagian besar orang-orang disekitar kita menggunakan deodorant untuk aktifitas sehari-hari. Dengan menggunakan deodorant maka bau keringat dan badan bisa teratasi dengan baik. Namun taukah anda bahwa deodorant memiliki efek samping menghitamkan kulit ketiak.

Hitamnya kulit ketiak disebabkan adanya kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya. Penggunaan yang berlebihan dan terus menerus akan menyebabkan warna ketiak menghitam. Selain menghitam bisa juga menimbulkan iritasi dan gatal.

Penggunaan deodoran antiprespiran juga bisa menyebabkan hitamnya kulit ketiak. Antiprespiran sendiri adalah zat yang digunakan agar tubuh tidak mengeluarkan keringat, sehingga tubuh akan selalu wangi. Namun zat ini ternyata bisa membuat iritasi atau alergi, sehingga menimbulkan kulit hitam.

Untuk mengetahui lebih dalam penyebab dari hitamnya kulit ketiak bisa anda lihat beberapa penjelasan di bawah ini :

  • Bekas Cukur

Hitamnya kulit pada ketiak bisa disebabkan oleh mencukur bulu atau rambut ketiak. Hal ini sering dialami oleh perempuan, karena mereka tidak tahan dengan rambut ketiak yang akan tumbuh selalu di ketiak. Perempuan menyukai kebersihan maka salah satu cara menjaga kebersihan badan adalah dengan mencukur rambut pada ketiak. Kegiatan mencukur yang salah bisa menyebabkan mengikisnya kulit luar sehingga menyebabkan iritasi. Keadaan tersebut akan meninggalkan iritasi dan membuat kulit di ketiak menghitam.

  • Penggunaan baju yang ketat dan berbahan kasar

Penyebab lainnya kulit hitam pada ketiak adalah penggunaan baju yang tidak tepat dan tidak nyaman. Bahan baju yang digunakan kasar dan ketat, sehingga akan menimbulkan gesekan. Ketiak akan sensitive dan menyebabkan gatal yang berakibat kulit menghitam.

  • Penggunaan sabun dan pewangi yang tidak tepat

Selain deodorant ternyata penggunaan sabun dan pewangi yang berlebihan dan tidak tepat juga menghasilkan kulit ketiak hitam. Sangat disarankan untuk menggunakan sabun dan pewangi yang tidak memiliki wangi menyengat.

  • Malas mandi

Orang yang jarang mandi memiliki peluang besar memiliki ketiak yang hitam. Karena bakteri akan menumpuk sendiri. Oleh sebab itu pastikan mandi setiap hari minimal 2 kali.

  • Penumpukan sel kulit mati

Kulit ketiak yang berubah warna menjadi hitam bisa disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati yang ada pada ketiak.

Dengan mengetahui penyebab menghitamnya kulit pada ketiak di atas, maka mulai sekarang pastikan menjauhi penyebab-penyebab di atas. Berikut ini adalah tips jitu untuk mengatasi ketiak yang hitam. Pertama, perhatikan semua produk yang digunakan. Alangkah baiknya hentikan penggunaan deodorant yang bisa menimbulkan rasa gatal di ketiak anda. Kedua, lakukan scrubbing pada seluruh tubuh khususnya pada kulit ketiak anda. Ketika melakukan scrubbing pastikan tidak menggosok dengan kasar.

Setelah melakukan scrubbing silahkan bilas dengan air yang hangat. Jika anda ingin mencukur rambut ketiak, pastikan menggunakan krim yang cocok. Krim yang tidak cocok akan menimbulkan gatal-gatal dan iritasi pada ketiak anda. Cobalah untuk melihat kandungan krim di dalamnya, anda harus jeli dan paham tentang bahan-bahan aman yang digunakan dalam pembuatan krim.

Sesekali gunakan masker pemutih dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti kulit jeruk, yoghurt, jus lemon, susu, madu, dan mentimun. Gunakan masker alami secara rutin 3 kali dalam satu minggu. Dan yang paling penting adalah pilih pakaian yang nyaman dalam kehidupan sehari-hari. Pilih pakaian yang menggunakan bahan halus dan tidak ketat.