Keunggulan PT Dibanding CV

Dunia bisnis di Indonesia terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut didukung oleh kemajuan teknologi yang dapat menjadi ladang bisnis baru. Kemudahan dalam memulai bisnis membuat banyak orang tertarik untuk menciptakan bisnis. Teknologi juga memberi kemudahan dalam melakukan promosi demi meningkatkan penjualan. Teknik marketing secara online juga dapat menjangkau wilayah yang lebih luas dengan komunikasi yang lebih mudah. Namun, banyak pebisnis yang merasa bingung kapan harus mendirikan badan usaha baik (Perseroan Terbatas) PT maupun CV (Perseroan Komanditer). Saat ini, pendirian PT maupun CV juga sudah dapat dilakukan secara online. Anda dapat melakukan pembuatan PT online di Legistra. Legistra juga dapat memberikan berbagai layanan yang berkaitan dengan pengurusan izin badan usaha.

Bagi Anda yang masih bingung dalam pendirian badan usaha, Anda sebaiknya menyimak terlebih dahulu keunggulan dan kelemahan antara PT dan CV. Simak ulasannya sebagai berikut:

  • Perseroan Terbatas (PT)

Perseroan Terbatas adalah badan usaha yang memiliki banyak anggota di dalamnya. Badan usaha jenis ini memiliki modal yang berasal dari saham-saham. Untuk tanggung jawab dari perusahan ini juga dipegang oleh para pemilik saham secara terbatas sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. Alat dan perlengkapan di dalam organisasi PT adalah mulai dari Komisaris, Direksi dan Rapat Umum Pemegang Saham. Di dalam PT, semua pembagian hasil telah disepakati melalui rapat yang diikuti oleh seluruh pemegang saham. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh PT dibandingkan CV adalah sebagai berikut:

  1. Tanggung jawab pemilik saham terbatas.

Tanggung jawab dari pemegang saham dibatasi berdasarkan jumlah saham yang dimilikinya.  Sedangkan untuk pemisahan harta dalam PT juga lebih jelas dan aman. Pasalnya, jika perusahaan mengalami kerugian, para pemilik saham hanya bertanggung jawab sesuai dengan jumlah saham yang ditanam. Kemudian untuk harta pribadi sendiri tidak akan tersentuh saat perusahaan mengalami kerugian.

  1. Masa hidup perusahaan lebih terjamin

Perseroan terbatas memiliki masa hidup yang lebih terjamin. Hal ini karena saat pemilik saham melepaskan tanggung jawabnya baik karena hengkang maupun meninggal, perusahaan masih bisa dijalankan oleh pemilik saham lainnya.

  1. Adanya pemisah antara pengurus dan pemilik perusahaan.

Badan usaha ini memiliki pemisah antara pengurus dan para pemilik perusahaan. Perseroan terbatas juga memiliki banyak anggota dalam menjalankan roda perusahaan.

  1. Mudah dalam pengambil alihan kepemilikan.

Pemindahtanganan kepemilikan perusahaan PT dapat dilakukan dengan mudah. Penjualan saham ke pihak lain dapat dilakukan dengan mudah dengan berpedoman pada anggaran dasar yang mengatur tata caranya.

  1. Modal bisa didapatkan melalui obligasi dan penjualan saham.

PT bisa memperoleh modal atau dana dalam jumlah besar dengan lebih mudah. Para pemegang saham PT bisa menjual sahamnya untuk meningkatkan modal usaha dengan cara menjual sahamnya kepada pihak investor.

  • Persekutuan Komanditer (CV)

Persekutuan Komanditer (CV) adalah perusahaan yang didirikan oleh beberapa orang dimana di dalamnya ada yang memiliki tanggung jawab terbatas dan tak terbatas. Maksud dari anggota terbatas ini yaitu yang tanggung jawabnya adalah pada utang-utang sebesar modal yang ditanam. Sedangkan untuk anggota tak terbatas ini memiliki tanggung jawab tak terbatas pada utang-utang perusahaan. Beberapa kelebihan dari CV adalah sebagai berikut:

  1. Modal yang terkumpul lebih besar
  2. Lebih mudah memperoleh suntikan dana karena badan usaha CV ini sudah populer di Indonesia.
  3. Kemampuan dalam manajemen yang lebih besar
  4. Pendirian CV relatif lebih mudah daripada PT

CV juga memiliki beberapa kelemahan karena sebagian dari anggota memiliki tanggung jawab tak terbatas. Kelangsungan hidup dari CV juga tidak menentu serta lebih sulit dalam penarikan kembali modal yang telah ditanam.

Badan usaha PT dinilai memiliki keunggulan yang lebih banyak dari CV. Bagi Anda yang ingin mendirikan PT, Anda dapat menggunakan layanan jasa pembuatan PT online dari Legistra. Selain memberikan layanan dalam pendirian PT, Legistra juga dapat membantu Anda dalam pengurusan izin perusahaan. Legistra juga menyediakan template perjanjian dan berbagai dokumen legal untuk memastikan perlindungan kepentingan Anda.