Malah Picu Jerawat, Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Pakai Masker Wajah

Penggunaan masker wajah sangat membantu untuk membuat wajah jadi terlihat cerah dan memesona. Makanya, banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih, untuk membeli masker agar wajahnya terlihat sempurna. Namun, perlu diingat bahwa masker tak akan bisa berfungsi optimal, jika penggunaannya asal-asalan. Berikut 6 kebiasaan yang wajib dihindari saat maskeran.

  1. Menggunakannya Terlalu Lama

Menggunakan masker terlalu lama, sama sekali tak memberi efek tambahan pada wajah Anda. Malah, kebiasaan ini dapat membuat wajah kehilangan minyak alami yang melapisinya. Akibatnya, kulit wajah bukannya menjadi lembap, malah bisa menjadi kering. Untuk hasil optimal, gunakanlah masker sesuai waktu penggunaan yang tertera di bagian kemasannya.

  1. Langsung Mencuci Wajah Setelah Menggunakan Sheet Mask 

Jika Anda menggunakan sheet mask, jangan langsung mencuci wajah setelah masker tersebut dilepas. Biarkan wajah menyerap kandungan masker yang tersisa di permukaan wajah, setidaknya selama 10 menit. Jika Anda langsung mencuci wajah setelah maskeran dengan sheet mask, maka Anda bisa kehilangan kandungan bermanfaat dari masker tersebut.

  1. Tidak Membersihkan Wajah Sebelum Maskeran

Wajah bukannya menjadi sehat, namun malah ditumbuhi jerawat jika Anda tak membersihkannya terlebih dahulu sebelum dipasangkan masker. Memakai masker saat wajah masih dipenuhi sisa-sisa make up, maka akan menyumbat pori-pori wajah dan menyuburkan pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, biasakan diri untuk membersihkan wajah secara menyeluruh sebelum maskeran.

  1. Memakai atau Mengoleskan Masker Tanpa Mencuci Tangan

Kesalahan fatal saat menggunakan masker wajah adalah tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Tangan merupakan tempat yang paling disukai oleh bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Jika Anda menggunakan masker tanpa mencuci tangan, maka kuman dan bakteri bisa berpindah ke masker tersebut. Dari masker, kuman dan bakteri pindah ke wajah sehingga memicu jerawat.

  1. Tidak Menyesuaikan Masker dengan Kondisi Wajah

Kondisi wajah orang berbeda-beda, ada yang kondisi kulitnya kering, berminyak, sensitif, dan lainnya. Mengingat perbedaan kondisi kulit wajah ini, tentu saja masker yang digunakan pun harus sesuai. Pakailah masker yang melembapkan dan menghidrasi kulit, jika sekiranya kulit Anda kering. Jika asal memilih masker, bukannya menyehatkan, malah kondisi kulit makin memburuk.

  1. Mengoleskan Masker Terlalu Tebal

Masker lumpur atau pun jenis masker lainnya yang berbentuk cairan atau pasta, sebaiknya jangan dioleskan terlalu tebal di wajah. Pengolesan masker yang terlalu tebal, tak akan memberikan efek yang optimal bagi wajah Anda. Cukup satu lapis masker saja, untuk membuat wajah dapat menyerap kandungan masker dengan optimal.

Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal dari masker wajah yang Anda gunakan, sebaiknya Anda menghindari 6 kebiasaan di atas. Penggunaan masker yang asal-asalan, tak hanya membuat kulit wajah tak bisa menyerap kandungan masker, namun juga dapat menimbulkan masalah kulit. Selalu ikuti tata cara penggunaan masker yang tepat, agar wajah yang sehat bisa didapatkan.