Manfaat yang Bisa Didapat dari Menghitung Usia Kehamilan

Masa mengandung adalah salah satu momen yang cukup membahagiakan bagi para ibu. Proses tersebut memang tidak dilalui dengan mudah, tapi menunggu sang buah hati untuk lahir ke dunia adalah hal yang sangat dinantikan. Dalam masa mengandung, seorang ibu perlu memerhatikan asupan nutrisi yang dimiliki. Jangan sampai makanan atau minuman yang dikonsumsi justru kebanyakan tumbuh dan kembang bayi. Selain menjaga asupan nutrisi, seorang ibu juga perlu tahu cara menghitung usia kehamilan.

Cara menghitung usia kehamilan ada beberapa jenis. Salah satu yang biasa digunakan adalah kalkulator kehamilan. Dengan menggunakan kalkulator kehamilan, Anda bisa mendapat keuntungan berikut:

Memperkirakan kapan bayi akan lahir

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh ibu hamil adalah mengetahui kapan bayi yang dikandungnya akan lahir dengan memakai kalkulator kehamilan. Mulanya, seorang ibu akan tahu terlebih dahulu berapa usia kandungan yang dimiliki. Setelah mengetahui usia, maka bisa diketahui pula kapan bayi akan keluar dari rahim ibunya. Dengan mengetahui perkiraan waktu lahir, ibu menjadi lebih siap dalam menghadapi persalinan. Berbagai macam persiapan bisa dilakukan sesuai dengan tanggal yang sudah diketahui.

Mengontrol berat badan ibu hamil

Selain usia kandungan dan perkiraan waktu lahir si jabang bayi, menggunakan kalkulator kehamilan juga berguna untuk mengetahui berapa berat badan ibu hamil. Berat badan harus diatur sedemikian rupa agar ibu hamil tidak mengalami kelebihan berat badan. Bila ibu hamil mengalami kelebihan berat badan, dikhawatirkan akan mengganggu proses persalinan. Tekanan darah ibu hamil bisa melonjak saat melahirkan. Selain itu, diabetes juga tidak bisa dihindari. Maka dari itu, penting bagi ibu hamil untuk selalu mengatur pola makan yang dimiliki agar tidak merusak kondisi tubuh.

Berat badan bayi juga bisa dipantau

Selain berat badan ibu hamil, berat badan bayi yang sedang dikandung juga harus diperhatikan. Seperti yang telah dikatakan, menjaga asupan nutrisi ketika mengandung adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan sampai asupan untuk bayi dan ibu terganggu. Dengan memakai kalkulator kehamilan, Anda menjadi bisa mengetahui bagaimana berat badan bayi, apakah berat badan yang dimiliki sudah ideal atau belum.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, mengetahui umur kandungan bisa juga bermanfaat untuk mempersiapkan perubahan perasaan atau mood yang dimiliki ibu hamil. Perubahan perasaan yang tidak menentu biasanya terjadi tiap trimester. Dengan mengetahui bagaimana kalkulator kehamilan, maka ibu dan orang-orang terdekatnya bisa dengan mudah memahami dan menanggapi perubahan yang dimiliki ibu hamil. Jangan sampai ibu hamil merasa malas untuk melakukan kontrol kandungan. Jika malas, hal yang mungkin akan terjadi adalah kondisi bayi dan ibu yang mengandungnya bisa menjadi lebih buruk.