Perbedaaan Mendasar Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Tahukah Anda jika asuransi mobil terdiri lebih dari satu macam? Pada dasarnya, asuransi mobil dibedakan menjadi dua yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil TLO. Meskipun memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan perlindungan atas resiko yang mungkin terjadi pada mobil nasabah asuransi, kedua jenis asuransi ini memiliki perbedaan yang mencolok dan perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi jenis apa yang seharusnya Anda pakai.

Berikut ini adalah perbedaannya:

  1. Asuransi mobil All Risk

Asuransi mobil jenis ini memberikan perlindungan yang menyeluruh pada mobil nasabah asuransinya. Asuransi mobil All Risk dapat memberikan pertanggungan pada resiko kerusakan apa pun yang terjadi pada mobil Anda, entah itu kerusakan yang kecil seperti lecet pada mobil hingga kerusakan besar yang membuat mobil tidak dapat dikendarai lagi. Menggunakan asuransi dengan perlindungan seperti ini tentu saja merupakan sebuah keuntungan bagi Anda karena Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya apapun untuk memperbaik mobil semisal mobil Anda nanti mengalami resiko kerusakan. Sementara itu,

  1. Asuransi mobil TLO

Asuransi mobil TLO atau yang biasa disebut juga dengan asuransi mobil Total Lost Only ini memberikan perlindungan untuk kerusakan yang besar saja. Hal ini berarti jika mobil Anda mengalami resiko kerusakan kecil saja, kerusakan tersebut tidak akan bisa mendapatkan pertanggungan dari pihak asuransi. Asuransi mobil TLO memang hanya akan memberikan pertanggungan pada kerusakan mobil yang total saja atau yang tingkat kerusakannya mencapai 75 %.

Demikianlah perbedaan utama dan mendasar dari asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Lost Only. Selain itu, perbedaan yang terdapat pada kedua jenis asuransi tentu saja juga terletak pada harganya. Karena asuransi All Risk memiliki cakupan atau jaminan perlindungan yang lebih luas dan lebih lengkap dibanding asuransi Total Lost Only, tidak heran jika asuransi kendaraan All Risk memiliki harga premi asuransi yang juga lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi kendaraan Total Lost Only.

Asuransi yang hanya memberikan perlindungan pada resiko yang besar seperti TLO memang lebih kecil skala pemberian jaminannya karena tentu kerusakan mobil yang parah tidak bisa terjadi setiap waktu (sering), bukan? Berbeda halnya untuk resiko-resiko yang lebih kecil seperti baret atau lecet pada mobil yang bisa terjadi kapan saja akibat pihak lain atau kelalaian pengguna.

Meskipun demikian, kedua jenis asuransi mobil ini tentu memiliki keunggulannya sendiri-sendiri, semuanya tergantung pada kecocokan atau kebutuhan nasabah asuransinya saja, apakah lebih cocok menggunakan asuransi mobil All Risk atau asuransi mobil TLO (Total Lost Only). Yang jelas, memberikan perlindungan asuransi mobil mutlak diperlukan jika Anda memang ingin mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan lebih baik.