Perkembangan Bayi 1 Bulan, Perkembangan Motorik Semakin Meningkat

Tidak sedikit dari masyarakat yang berfikir jika perkembangan bayi 1 bulan tidak ada. Hal ini bukan tanpa alasan karena yang mereka lihat pada usia 1 bulan ini adalah seorang anak hanya menghabiskan waktunya untuk tidur saja. Padahal sebenarnya, bayi anda mengalami perkembangan loh pada usia 1 bulan ini.

Walaupun mereka belum bisa melakukan sesuatu, tetapi ternyata pada usia 1 bulan ini si kecil sudah bisa anda ajak untuk berinteraksi. Untuk itulah, bunda memang harus aktif untuk memberikan stimulasi agar bayi anda tumbuh dan berkembang dengan optimal. Anda juga wajib untuk mengetahui hal apa sajakah yang disukai oleh si kecil.

Perkembangan bayi 1 bulan

Pada usia bayi 1 bulan ini, beberapa perkembangan pun sudah mulai ditunjukkan oleh buah hati tercinta anda tersebut. salah satu yang paling terlihat adalah adanya peningkatan bobot pada si kecil. Nah, pastinya anda penasaran bukan bagaimana perkembangan bayi 1 bulan ini, langsung saja simak penjelasan yang ada dibawah ini.

  1. Kemampuan motorik yang dimiliki

Kemampuan motorik yang dimiliki oleh bayi berusia 1 bulan memang mengalami perkembangan. Pada usia ini, anda bisa merasakan tangannya mencengkram tangan anda secara kuat. Tidak hanya itu saja, pada minggu ke-2, si kecil ternyata bisa memfokuskan perhatian pada objek yang berada dibawah 20-35 cm.

Bukan hanya itu saja, bayi anda pun mulai bisa menggerakkan wajah mereka ke kanan maupun ke kiri. Secara alami mereka juga akan belajar menghisap jari-jarinya. Selain itu, pada usia minggu ke-4, bayi anda sudah bisa merasakan apabila tangan maupun kaki mereka merupakan bagian dari tubuh.

  1. Kemampuan dalam bicara

Usia 1 minggu, bayi anda ternyata juga sudah mulai mengenali bagaimana suara dari orang tuanya. Walaupun mereka belum mengerti apa yang sedang dibicarakan tetapi mereka akan merasa nyaman ketika berada di dekat suara orang tuanya. Untuk itulah, anda juga wajib untuk mengajak si kecil berbicara. Hal ini berguna untuk melatih kemampuan mereka dalam berbicara.

Selain itu, ketika bayi anda mulai menangis, sebaiknya anda bisa segera menghampiri bayi anda tersebut. Hal ini tidak lain karena pada usia ini bayi mulai belajar bagaimana melakukan komunikasi.

  1. Kemampuan social

Adapun perkembangan bayi 1 bulan yang berikutnya adalah senang melihat wajah orang-orang yang berada di sekelilingnya. Dia juga sudah melakukan interaksi seperti memperhatikan wajah siapa sajakah yang ada di sekelilingnya. Tidak hanya itu saja, mereka biasanya juga akan menunjukkan reaksi menangis jika mendengar tangisan.

Demikian beberapa perkembangan bayi 1 bulan yang wajib untuk diketahui oleh para orang tua. Di usia 1 bulan ini, si kecil memang masih melakukan penyesuaian diri terhadap dunia. Untuk itulah, anda wajib mendampingi si kecil setiap saat.