Penyakit Erythromelalgia

Tuntutan kerja yang makin besar. Kurangnya waktu untuk merawat diri adalah salah satu ciri masyarakat pada era modern ini. keterbatasan waktu membuat masyarakat menjadi melupakan gaya hidup sehat dan terbiasa melakukan segala sesuatu secara instan. Pola hidup yang tidak sehat inilah yang menyebabkan resiko penyakit makin besar. Salah satu penyakit yang mungkin jarang diketahui oleh orang adalah Erythromelalgia. Penyakit yang jarang didengar ini sebenarnya adalah penyakit yang juga menyerang cukup banyak masayarakat pada era modern ini. penyakit ini dapat menyerang beberapa bagian anggota tubuh sekaligus. Penyakit Erythromelalgia adalah penyakit yang diakibatkan oleh tersumbatnya aliran darah pada bagian-bagian tertentu tubuh manusia. Tersumbatnya aliran darah ini mengakibatkan peradangan pada salah satu anggota tubuh. Peradangan tersebut membuat bengkak-bengkak bagian tubuh tersebut. Menimbulkan rasa sakit pada bagian yang telah meradang. Penyakit Erythromelalgia juga akan menimbulkan sensasi terbakar pada si penderita. Bagian tubuh yang bengkak juga akan membuat aktivitas dari si penderita terganggu.  Penyakit ini dapat dialami oleh siapapun tanpa terkecuali atau pada seseorang yang menerapkan pola hidup tidak sehat. Sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Penyakit ini dapat menyerang tubuh dalam segala usia. Menurut beberapa sumber rentang usia 20 tahun memiliki resiko yang juga cukup besar untuk menderita penyakit ini. penyakit ini sendiri ditandai dengan beberapa gejala seperti telapak kaki terasa panas, juga nyeri yang kadang muncul dan hilang pada bagian tubuh tertentu. Yang paling sering terkena penyakit ini adalah bagian tangan dan kaki.

Gejala dari penyakit Erythromelalgia ini biasanya ditandai dengan rasa sakit yang sangat hebat dan kaki yang terasa panas. Rasa sakit pada penyakit ini terjadi secara berkala dan berulang-ulang. Dengan frekuensi yang makin lama makin sering.  Rasa sakit dan panas yang terjadi terus menerus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dari si penderita. Penyakit yang dikenal sebagai penyakit yang menyebabkan penderitanya merasa terbakar ini masih belum diketahui proses penyembuhannya. Suhu yang terlalu panas atau karena makanan juga bisa menjadi pemicu dari penyakit langka ini.  beberapa penyebab dapat meningkatkan resiko penyakit ini diantaranya adalah efek samping dari obat atau keracunan. Setiap jenis obat tentu memiliki kandungan yang berbeda-beda. Daya tahan tubuh setiap orang berbeda, begitu juga dengan tingkat alergi seseorang dalam mengkonsumsi suatu zat. Bahan-bahan yang terkandung pada obat terkadang ditolak oleh tubuh sehingga menimbulkan sensasi terbakar pada tubuh. Gajala ini pun masih dapat dinyatakan sebagai penyakit Erythromelalgia walau dalam tahap yang lebih ringan. Dalam tahap yang lebih penyakit ini akan menyebabkan kulit memerah seperti terbakar yang terasa panas dan nyeri.

Banyak sumber mengartikan secara berbeda apa sebenarnya Erythromelalgia ini. walau penyakit ini sama-sama menyebabkan penderitanya serasa dibakar dari dalam walau tidak terkena suhu tinggi ataupun melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan api. Sebagian menganggap penyakit ini adalah penyakit yang terjadi karena faktor keturunan dan gen yang terdapat dalam tubuh sehingga tubuh mengalami perasaan terbakar. Kondisi yang samapun diartikan secara berbeda oleh beberapa ahli. Walau gejala yang dirasakan sama akan tetapi penyebab yang ditimbulkan berbeda.  Walau tidak diketaui secara pasti penyebab dari penyakit ini, akan tetapi diagnosa yang tepat akan membuat proses penyembuhan berjalan baik pula. Setiap kondisi memiliki gejala yang berbeda sehingga penanganan akan disesuaikan dengan gejala yang timbul.  Beberapa sumber juga menyebutkan cara-cara yang bisa digunakan untuk mencegah penyakit Erythromelalgia. Cara yang mudah adalah mengatur pola hidup, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan olahraga teratur adalah satu hal umum yang harus dilakukan jika ingin kesehatan tetap terjaga. Kedua, hindari tempat dengan suhu tinggi atau tempat dengan sinar matahari langsung. Cahaya matahari langsung juga beresiko memperburuk kondisi penyakit ini. bila terlanjur terasa panas kompres menggunakan air dingin atau air es. Untuk menghilangkan rasa nyeri aspirin dan obat peerda nyeri juga bisa menjadi pilihan tepat untuk meredakan rasa sakit saat penyakit Erythromelalgia tersebut kembali menyerang.