Pilihan Tepat Mesin Penggiling Biji Kopi

Untuk Anda pecinta kopi, sudah memiliki grinder atau mesin penggiling kopi model apa? Kopi yang digiling langsung dari biji kopi lalu diseduh memang paling enak dinikmati, sebab aroma dan rasanya sangat murni. Grinder kopi atau mesin penggiling kopi juga ada banyak jenisnya, mulai dari fungsi, desain hingga tipenya.

Pertama-tama dalam artikel ini akan menginformasikan Anda cara memilih grinder atau mesin penggiling biji kopi, terutama yang mudah Anda gunakan. Mari simak ulasan lengkap dan temukan jenis mesin kopi yang paling sesuai bagi Anda. Pertama yang harus Anda tentukan adalah pilih tipenya, baik grinder manual atau griner elektrik. Cermati kelebihan dan kurangnya, lalu pilih yang sesuai dengan gaya Anda. Pilihan Anda menentukan kualitas minuman kopi yang dihasilkan.

  • Mesin Grinder manual

Mesin grinder kopi manual boleh Anda pilih bila Anda mempunyai komitmen penuh dan kecintaan pada kopi. Anda bisa menikmati sensasi bunyi penggilingnya dan aroma biji kopi yang pecah. Bentuknya juga bervariasi, mulai dari yang memiliki desain antik sampai yang memiliki desain stylish sehingga bisa tampak semakin menarik. Anda dapat memilih berdasarkan selera dan kebutuhan Anda. Contohnya untuk Anda jadikan hiasan interior, memilih dikarenakan ukuran yang compact dan berbagai alasan lain.

Model ini termasuk produk yang ramah lingkungan sebab tidak memakai tenaga listrik, beratnya ringan, dan mudah dibawa bepergian. Produk ini juga dapat dipakai di luar ruangan. Tetapi ketika Anda menggunakan produk berukuran kecil, Anda tentu memerlukan tenaga ekstra dan waktu lebih lama ketika menggiling kopi sampai dapat hasil yang diinginkan. Bila dibandingkan dengan mesin grinder kopi elektrik, pastinya kapasitas penggilingan biji kopinya jauh lebih sedikit. Varian ini sesuai untuk Anda yang menikmati momen-momen penggilingan biji kopi dengan santai.

  • Mesin Grinder Elektrik

Jika Anda rutin mengonsumsi kopi setiap hari dan mau menggiling biji kopi dengan lebih cepat, pilih mesin grinder kopi elektrik. Anda dapat menggiling biji kopi dengan jumlah yang cukup banyak dalam waktu singkat. Jenis ini sangat cocok bila anggota keluarga Anda yang lain juga pecinta kopi. Pastinya sangat merepotkan bila harus menggiling biji kopi manual untuk jumlah yang banyak.

Di lain sisi, kelemahan mesin grinder kopi elektrik adalah memerlukan listrik untuk dapat dipakai dan terkadang menghasilkan suara yang cukup mengganggu. Bukan hanya itu, ada juga produk grinder elektrik dengan ukuran besar yang membuat Anda sulit menyediakan space khusus untuk menaruhnya. Mungkin Anda khawatir dengan adanya perubahan rasa karena gesekan panas ketika memakai grinder elektrik. Tetapi, sebenarnya hal itu tidak jadi masalah sebab Anda dapat menggiling biji kopi dalam waktu lebih singkat, kecuali Anda melakukan grind dalam jumlah banyak dalam satu waktu.

  • Desain Mesin Penggiling Biji Kopi

Bila Anda mempertimbangkan penggiling kopi manual yang mudah digunakan secara keseluruhan, pilih yang memiliki ukuran besar dan stabil. Apalagi untuk wanita atau Anda yang tidak mau mengeluarkan banyak tenaga, mesin penggiling biji kopi manual tipe ini dapat membantu Anda lebih hemat tenaga. Handle yang lebih mudah diputar dan ukuran lebih panjang dari grinder kopi manual jenis lainnya.

Ada juga grinder yang diputar ke arah atas, jadi pilih model yang Anda rasa mudah dipakai dan modelnya Anda sukai. Sebagian orang memiliki pendapat lebih baik memilih ukuran penggiling kopi manual yang lebih kecil sebab jumlah biji kopi yang biasa digiling lebih sedikit. Hal ini tentu tidak ada salahnya, namun sebaiknya Anda memilih ukuran grinder yang lebih besar.

Grinder kopi manual ukuran besar lebih stabil dan lebih baik sehingga Anda dapat memutar handle dengan stabil tanpa banyak tenaga. Setelah memilih grinder kopi manual dengan pegangan yang lebih besar dan panjang, tentu sangat disayangkan bila Anda tidak memakainya untuk menggiling kopi.

  • Pilih Ukuran Grinder yang Tepat

Untuk Anda yang mau kopi nikmat ketika camping atau tamasya santai, grinder manual kecil bisa menjadi pilihan dengan berbobot ringan yang lebih mudah dibawa. Salah satu keunggulan grinder manual adalah dapat dipakai di mana saja sebab tidak memerlukan listrik. Meskipun Anda tentu memerlukan tenaga ekstra, namun grinder dengan ukuran kecil sangat baik jika Anda mengutamakan kemudahan pemakaian.

Hal umum yang sebaiknya dilakukan saat memilih baik untuk alat penggiling biji kopi manual atau elektrik adalah mencermati jenis bahan material pisaunya. Pisau untuk menggiling biji kopi ini umumnya dibuat dari bahan logam, namun ada juga sejumlah produk yang terbuat dari material keramik. Bahan keramik ini awet dan tidak mudah rusak, apalagi bila dipakai pada alat penggiling biji kopi manual.