Sebelum Pinjam Uang Lewat Aplikasi, Ini yang Perlu Diwaspadai

Masyarakat kini dimudahkan untuk pinjam uang hanya dengan melalui aplikasi. Tetapi, mereka tidak paham bahwa ada hal yang perlu diwaspadai ketika mengajukan pinjaman melalui aplikasi online.

Karena tidak semua aplikasi peminjaman online sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Padahal, terdaftar di bawah OJK sangatlah penting untuk melindungi para nasabah dari hal-hal tidak diinginkan.

Dalam berbagai kasus, aplikasi kreditonline abal-abal justru memanfaatkan kelemahan dan kelengahan para nasabah, sehingga mereka dapat meraup keuntungan dengan cara-cara tidak bertanggung jawab.

Waspada penjualan data oleh perusahaan kredit online

Salah satu modus penipuan yang dilakukan oleh perusahaan aplikasi abal-abal adalah menjual data para nasabah.

Jangan heran jika suatu saat ada yang menelepon atau kerap kali mengirimkan pesan singkat untuk mempromosikan produk.

Patut dicurigai bahwa nomor handphone Anda sudah beralih datanya kepada orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Waspada penagihan kepada kerabat dekat

Modus lain yang perlu Anda waspadai adalah upaya penagihan para debt collector melalui kerabat ataupun teman terdekat yang ada di daftar kontak.

Cara-cara seperti ini dilakukan dengan sengaja untuk merugikan calon nasabah yang terlambat membayar cicilan ataupun tagihan beserta dengan dendanya.

Untuk menghindari hal tersebut anda perlu mengetahui risiko mengajukan kredit secara online.  Pastikan juga untuk membayar tagihan ataupun cicilan sebelum jatuh tempo.

Meskipun demikian praktik penagihan seperti ini jelas melanggar aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. Namun, OJK tidak akan bisa berbuat banyak terutama jika aplikasi pinjaman yang digunakan nasabah belum terdaftar di OJK.

Akan tetapi jika Anda merasa dirugikan, Anda bisa melaporkannya kepada OJK untuk dilakukan penertiban terhadap perusahaan-perusahaan keuangan teknologi yang diduga sudah merugikan nasabahnya.

Waspada dengan penagih kasar dan intimidatif

Selain penagihan utang melalui kerabat ataupun teman kantor bisa juga dilakukan dengan penagihan secara langsung tetapi dengan cara-cara yang kasar dan intimidatif.

Jika Anda mengalami hal tersebut jangan sungkan atau ragu untuk melaporkannya kepada pihak yang berwajib.  karena secara hukum Anda dilindungi oleh undang-undang.

Laporkanlah perlakuan kasar dan intimidatif disertai dengan bukti-bukti yang ada. Jika Anda mendapati kekerasan dari para penagih utang pastikan Anda tidak melawan dan lakukan visum segera untuk alat bukti bagi pihak berwenang.

Waspada dengan bunga tinggi

Salah satu ciri yang paling mudah untuk mengenali perusahaan aplikasi abal-abal adalah dengan mengetahui bunga yang ditetapkan. Bunga bank pada umumnya rata-rata di angka 10% per tahun. Sedangkan bunga pinjaman online yang paling aman setidaknya tidak lebih dari 30% per tahun.

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghindari beberapa hal-hal yang merugikan nasabah di antaranya:

  • Pastikan hanya meminjam kepada perusahaan yang telah terdaftar di OJK
  • Teliti kembali persyaratan yang ditetapkan perusahaan
  • Bandingkan suku bunga yang diberikan
  • Ketahui resiko keterlambatan maupun besarnya denda

Beberapa langkah tersebut setidaknya bisa melindungi Anda dari modus penipuan oleh perusahaan yang mengembangkan aplikasi pinjaman tunai secara ilegal.

Sebagai solusinya Anda bisa mempercayakan pada salah satu perusahaan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK yaitu Kredivo.

Bunganya rendah hanya 2,95% saja per bulan. Produknya pun beragam bukan hanya memberikan kemudahan pinjam uang tunai online tetapi juga kemudahan belanja online dengan cicilan di beberapa marketplace terkemuka seperti Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, JD.ID dan sebagainya.

Lakukan pendaftaran dengan mudah lewat aplikasi Kredivo yang dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store. Pastikan sudah memenuhi syarat untuk menjadi member Kredivo yaitu:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Fitur pinjaman tunai Kredivo menyediakan dua pilihan. Mini dan Jumbo. Keduanya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti berobat, biaya pendidikan maupun kebutuhan penting lainnya.

Cicilan bisa dimulai dari 30 hari, 3 dan 6 bulan. Daftar sekarang dan dapatkan kredit limit hingga Rp30 juta hanya dari Kredivo.