Tanda Kehamilan Setelah Berhubungan Intim yang Aneh

Ada gejala lain yang bisa menjadi tanda kehamilan setelah berhubungan intim selain terlambat menstruasi. Gejala tersebut bisa sangat aneh namun sering sekali terjadi pada masa awal kehamilan Anda. Berikut tanda yang harus Anda ketahui.

Perubahan Payudara

Salah satu tanda awal yang bisa Anda rasakan adalah adanya perubahan yang cukup signifikan pada payudara. Anda akan merasa payudara Anda bengkak, sakit, dan lebih sensitif. Puting payudara Anda juga akan menggelap dan menjadi lebih mencuat sebagai bentuk persiapan untuk menyusui. Bagian areolapun juga akan menjadi lebih besar.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Jika Anda secara tiba-tiba menjadi lebih sering ingin buang air kecil di malam hari, maka bisa menjadi tanda awal kehamilan Anda. Intensitas buang air kecil menjadi lebih sering menandakan sel telur yang telah dibuahi mulai melakukan implantasi pada dinding rahim. Hormon hCG yang muncul akibat implantasi tersebut akan memicy keinginan untuk buang air kecil lebih sering.

Mudah Terkena Flu

Level hormon progesteron yang meningkat akan mencegah sistem imun menyerang embrio janin yang baru menempel pada dinding rahim Anda. Hal tersebut memicu efek samping yaitu membuat Anda menjadi lebih mudah terserang virus dan bakteri, salah satunya influenza.

Gusi Bengkak dan Sakit

Sistem imun tubuh yang melemah dan juga volume darah yang meningkat pada tubuh Anda akan mengakibatkan beberapa jaringan mengalami inflamasi. Salah satu jaringan tersebut adalah gusi. Jika Anda mengalami gusi berdarah, sakit, hingga mata menjadi bengkak bisa jadi itu merupakan tanda awal kehamilan Anda.

Rasa Seperti Logam di Lidah

Tanda kehamilan setelah berhubungan intim yang paling aneh yang bisa Anda rasakan adalah rasa seperti logam di dalam mulut yang tertinggal setelah makan. Hal tersebut merupakan efek samping dari perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh Anda saat hamil muda.

Tingkat hormon estrogen akan mempengaruhi sense of taste di mulut Anda. Rasa logam di mulut Anda akan terjadi terus-menerus hingga produksi hormon dalam tubuh Anda menjadi lebih stabil. Biasanya produksi hormon menjadi lebih stabil saat memasuki trimester yang kedua.

Peka terhadap Suhu

Perubahan hormon akan membuat sensor organ dalam tubuh Anda menjadi lebih peka dari sebelumnya. Hal tersebut akan membuat Anda akan menjadi cepat menggigil saat cuaca dingin, dan akan merasa gerah yang luar biasa saat cuaca panas.

Produksi Air Liur yang Berlebihan

Produksi air liur yang berlebihan terjadi disebabkan oleh naiknya asam lambung. Naiknya asam lambung akan membuat Anda mengalami morning sickness atau mual hingga keinginan untuk muntah setiap pagi.

Itulah tanda kehamilan setelah berhubungan intim yang aneh namun sering terjadi. Ada baiknya jika Anda memastikan kehamilan Anda dengan langsung mendatangi bidan maupun dokter kandungan. Informasi lainnya bisa Anda dapatkan di situs Orami di www.orami.co.id .