Tips Belanja Bahan Makanan Saat Pandemi Covid-19

Di tengah pandemi virus Corona, Anda disarankan untuk melakukan physical distancing dengan tidak bepergian keluar rumah, kecuali untuk sesuatu yang sangat penting, contohnya belanja bahan makanan. Tetapi hal ini juga harus dilakukan dengan bijak. Simak tips belanja bahan makanan selama pandemi Covid-19 dalam artikel ini. Sejak pemerintah mengesahkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, hampir semua aktivitas belajar, bekerja dan ibadah dilakukan dari rumah. Hal ini dilakukan untuk upaya menekan penyebaran Covid-19.

Walau demikian, lokasi penjualan bahan kebutuhan pokok, seperti pasar, minimarket, supermarket dan toko bahan pangan, masih diberikan izin untuk beroperasi selama pandemi Covid-19. Masyarakat juga masih diizinkan pergi ke tempat tersebut untuk beli persediaan kebutuhan sehari-hari dan bahan makanan. Walau begitu, Anda harus selalu waspada dan melakukan berbagai langkah pencegahan Covid-19 supaya tidak tertular virus Corona ketika berbelanja. Untuk memperkecil risiko penularan virus Corona, berikut ini ada tips belanja bahan makanan saat pandemi Covid-19.

Hindari Belanja Saat Jam Sibuk

Hindari belanja pada jam sibuk agar terhindar dari keramaian. Dengan begitu, risiko untuk Anda terpapar virus Corona dari orang lain juga lebih rendah. Anda dapat belanja di pagi hari saat supermarket baru buka atau malam hari saat supermarket tutup. Jika Anda belanja di pasar tradisional, jangan berbelanja pada pagi hari sebab biasanya lebih ramai.

Pastikan Anda Sehat

Sebelum ke luar rumah untuk belanja bahan makanan, pastikan Anda dalam keadaan sehat. Bila Anda mengalamai gejala Covid-19, yakni demam, pilek, batuk atau sesak napas, lebih baik untuk tidak pergi ke luar rumah dan melakukan isolasi mandiri. Untuk belanja bahan makanan atau keperluan sehari-hari, pakailah layanan pesan antar atau aplikasi belanja online. Bukan hanya praktis, cara ini dapat meminimalkan kontak dengan orang banyak sehingga membuat risiko Anda tertular atau menularkan virus Corona menjadi lebih rendah.

Gunakan Masker Ketika Keluar Rumah

Ketika bepergian ke luar rumah untuk belanja, jangan lupa untuk menggunakan masker. Jika Anda dalam kondisi sehat, gunakan masker kain. Tetapi, jika Anda sedang sakit dan harus keluar rumah, gunakan masker bedah. Pastikan masker yang Anda pakai bisa menutupi mulut dan hidung Anda dengan sempurna.

Jangan menyentuh wajah dan bagian dalam masker sebab bisa mengakibatkan masker terkontaminasi kuman yang berasal dari tangan. Bila ingin membetulkan posisi masker, cuci tangan terlebih dahulu atau pakai hand sanitizer, setelahnya perbaiki posisi masker dengan mengencangkan ikatan masker atau memperbaiki letak tali pengait masker pada telinga.

Jaga Jarak & Hindari Keramaian

Ketika keluar rumah, penting agar selalu menerapkan physical distancing di mana saja Anda berada, termasuk waktu berbelanja. Usahakan agar selalu jaga jarak paling tidak 1 meter dengan orang lain, baik itu petugas supermarket, penjual atau sesama pembeli.

Sedia Stok Bahan Makanan

Supaya Anda tidak terlalu sering keluar rumah, beli bahan makanan supaya cukup untuk dikonsumsi selama 1 hingga 2 minggu. Agar tidak lupa, catat terlebih dulu bahan makanan apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak yang ingin dibeli. Jangan melakukan panic buying atau beli berbagai barang secara berlebihan sebab bisa menghabiskan stok persediaan keperluan sehari-hari di pasaran, sehingga orang lain yang memerlukan jadi tidak kebagian.

Ketika memilih makanan, pilih makanan yang bergizi dan sehat untuk jaga daya tahan tubuh selalu kuat, seperti sayur dan buah, tepung terigu, ikan, telur daging, tahu, kacang-kacangan dan tempe. Anda juga bisa beli suplemen vitamin dan mineral bila memang asupan nutrisi dari makanan saja tidak cukup.

Pilih Pembayaran Non Tunai

Bila memungkinkan, pakailah metode nontunai atau cashless untuk bayar belanjaan selama pandemi Covid-19. Hindari bayar bahan makanan menggunakan uang tunai, kartu kredit, atau kartu debit sebab berpotensi tinggi menularkan kuman, termasuk virus Corona. Bila Anda terpaksa memakai uang tunai atau kartu untuk membayar, cepat bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer sesudah menerima uang kembalian atau menekan tombol pada mesin EDC. Ingat, jangan sentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci.

Selalu Membawa Hand Sanitizer & Rajin Cuci Tangan

Anda dapat memakai hand sanitizer untuk membuat pegangan troli lebih bersih atau keranjang belanja yang sering disentuh oleh orang lain. Pilih hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol dengan kadar setidaknya 60%. Cuci tangan Anda dengan air mengalir dan sabun selama 30 detik sesudah menyentuh kemasan bahan makanan, sebelum mengeluarkan makanan dari kemasan, sebelum memasak, juga sebelum makan.

Bersihkan Bahan Makanan yang Baru Anda Beli

Sampai saat ini, belum ada bukti atau penelitian yang mengatakan bahwa virus Corona bisa menular melalui makanan. Walau demikian, virus Corona diketahui bisa bertahan hidup selama beberapa jam sampai beberapa hari pada permukaan benda, termasuk juga kemasan makanan. Durasi virus Corona bertahan pada permukaan suatu benda tergantung oleh bahan dari benda tersebut, juga kelembapan udara dan suhu di sekitarnya.