Tips dan Trik agar Bisa Kuliah di Australia

Punya impian untuk berkuliah di Australia? Disana memiliki punya kualitas pendidikan yang bagus dan juga fasilitasnya sangat mumpuni untuk menunjang akademis kamu. Suasana yang nyaman untuk mahasiswa asing sangat menarik untuk para pelajar Indonesia.

Nah, jika kamu tertarik untuk kuliah di Australia, ada tips dan trik agar kamu bisa mendapatkan satu tempat berkuliah di Australia.

Tentukan Universitas Tujuan yang Sesuai dengan Impianmu

Kamu saat ini sedang mengejar bidang apa, atau sedang memperdalam pengetahuan apa. Jika sudah menemukannya, kamu bisa sesuaikan dimana universitas yang mempunyai program studi dengan ilmu yang kamu mau ada dan mampu membuat kamu berkembang.

Jangan lupakan tentang akreditasi dari kampus tersebut. Juga kurikulum, biaya kuliah dan fasilitas lainnya. Bisa jadi pertimbangan kamu.

Cari Beasiswa Kuliah di Australia

Banyak sekali beasiswa yang bisa kamu dapatkan untuk kuliah di australia. Pelajari dan perhatikan alur memperloleh beasiswa, mulai dari pengisian formulir, wawancara beasiswa hingga lolos beasiswa.

Siapa yang tidak mau beasiswa? Mulai dari pemerintah, swasta hingga yayasan banyak yang memberi fasilitas yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang kehidupan kamu di Australia nanti.

Bukti Keuangan

Bukti keuangan terdiri dari, yaitu Biaya Kuliah, Biaya Hidup (tempat tinggal, makan dan kebutuhan lainnya) dan Biaya Transportasi. Kamu harus menunjukan bahwa kamu sudah punya tabungan untuk hidup di australia selama satu tahun tinggal disana.

Rata-rata biaya kuliah disana sekitar 13000-16000 Dollar Australia, lalu biaya hidup sekitar 15000-20000 Dollar Australia dan Transportasi sekitar 2000-2500 Dollar Australia per tahunnya.

Kuliah di Australia wajib punya GTE (Genuine Temporary Entrant)

GTE adalah persyaratan penting yang masih cukup baru dari imigrasi Australia. Kamu akan mengikuti proses wawancara dengan pihak imigrasi Australia, dan kamu harus mampu menjelaskan dan membuktikan kalau memang tujuan kalian ke Australia adalah murni untuk kuliah atau menuntut ilmu di sana.

Kamu akan ditanyakan banyak sekali pertanyaan mengapa memilih austalia sebagai tempat kamu kuliah dan pihak imigrasi akan mengecek sejarah imigrasi kamu. Apakah buruk atau tidak sehingga proses GTE lancar.

Visa Belajar Australia

Syarat visa Australia adalah kamu perlu memiliki dulu surat Confirmation of Enrolment (CoE) asli, atau surat Acceptance Advice for Secondary Exchange Students (AASES). Dokumen ini berisi informasi tentang jenjang pendidikan, jurusan, kode Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Student (CRICOS), lama dan biaya kuliah, dan estimasi lulus.

Persyaratan Dokumen yang diajukan saat membuat visa mulai dari dokumen akademik, finansial dan kesehatan.

Jangan Lupakan IELTS

Bahasa Inggris yang digunakan disana adalah british sehingga yang digunakan adalah IELTS. tes IELTS yang kamu ambil pun haruslah IELTS Academic Version. Umumnya untuk bisa lulus beasiswa atau persyaratan kuliah di Australia minimal kamu harus mendapatkan skor 6, dari skor maksimal 9.