Kenapa Kebanyakan Orang Indonesia Pilih Mobil MPV

Ketika Anda ingin mengganti mobil lama dengan yang baru, tentu saja mobil lama di jual agar bisa menambah budget membeli mobil baru. Namun, saat Anda memutuskan untuk menjualnya, terkadang di benak Anda terpikir kalau harga second atau bekas sangatlah murah dan sangat jauh dari harga yang Anda beli pertama kalinya. Tapi ternyata harga mobil bekas dapat Anda tawarkan dengan harga yang layak atau tidak terlalu rendah.

Meskipun sudah bekas, masih banyak orang yang mencari mobil second karena beberapa alasan, seperti budget membeli mobil terbatas, memiliki pikiran yang penting bisa punya mobil, dan sebagainya. Memang kebutuhan kendaraan roda 4 tersebut sudah semakin penting, apalagi bisa menjadi matapencaharian tambahan. Tidak heran kalau mobil bekas tetap menjadi incaran orang-orang di masa sekarang.

Sebagai pemilik mobil yang ingin menjualnya, tentu Anda memiliki tugas cukup berat, yaitu bagaimana menentukan harga mobil kesayangan Anda dengan tepat. Kalau salah mematok harganya, tentu Anda bisa rugi atau bisa juga tidak ada yang mau membelinya karena harganya terlalu mahal. Karena itulah, baca terlebih dahulu tips-tipsnya di bawah ini.

  1. Tahun mobil

Sebelum menjualnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tahun mobil Anda. Bukan hanya semata saja, tapi Anda juga perlu memahami benar-benar identitas diri mobil lama Anda. Selain itu, berapa lama tahun mobil juga bisa menjadi penentu berapa harga mobil yang layak Anda tawarkan ke pasaran.

Sangat mudah untuk mengetahui tahun mobil, yaitu hanya dengan melihat buku kepemilikan atau STNK mobil Anda. Di dalam STNK tersebut pasti tertera tahun mobilnya serta data-data lainnya. Dengan begitu, Anda bisa semakin mudah menentukan harga pasar tipe mobil Anda.

  1. Kondisi mobil

Pasti Anda sudah tahu kalau harga mobil juga tergantung dari kondisi mesin, interior, maupun eksteriornya. Kondisi mobilnya yang masih mulus karena sudah dirawat dengan baik, tentu akan memberikan harga jual yang sebanding juga.

Tempat duduk masih bagus dan empuk, joknya yang bersih, sound system dan radio masih berfungsi dengan baik, AC masih dingin, serta rem juga masih berfungsi dengan baik juga tentu menjadi hal yang diinginkan oleh para calon pembeli. Ketika salah satu atau beberapa bagian tersebut tidak berfungsi dengan benar, maka calon pembeli ragu untuk membeli mobil Anda dan pastinya ingin meminta harga mobil Anda lebih diturunkan lagi.

Karena itulah, sebelum Anda menjualnya, pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Tidak ada salahnya kalau Anda membetulkannya terlebih dahulu saat terdapat bagian interior, ekterior, atau lainnya yang rusak. Semakin bagus kondisi mobil Anda, tentu harganya juga bisa tinggi.

  1. Cek harga kompetitor

Jangan hanya terpaku dengan kondisi mobilnya saja tanpa melihat harga mobil kompetitornya. Pastinya setiap mobil mempunyai harga yang berbeda-beda tergantung dari segmen jenis atau tipe mobilnya. Hal tersebut juga berkaitan dengan brand apa yang digunakan.

Kenapa di namakan harga kompetitor? Sudah pasti harga yang nantinya akan Anda tawarkan menjadi bersaing dengan kelas masing-masing dari tipe dari brand mobil tersebut. Setelah Anda memastikan ingin menjualnya, segera cari tahu terlebih dahulu berapa harga pasarannya.

Sedikit berbeda harga saja, mobil Anda bisa saja cepat laku atau justru tidak laku sama sekali. Tidak ada salahnya Anda datang ke dealer mobil bekas yang sudah pasti harganya yang bersaing.

Itulah beberapa tips singkat dalam menentukan harga mobil bekas. Yang paling penting jangan sampai surat-surat kepemilikan kendaraan Anda hilang karena juga menjadi penentu harga kendaraan Anda. Sudah tidak bingung lagi mencari berapa harga yang ingin ditawarkan ke calon konsumen, bukan?