Tips Mengedit Foto Agar Natural Dan Tidak Alay

Semua foto memang bisa diedit, tapi tidak semua foto akan lebih cantic setelah diedit. Ada beberapa foto yang akan jadi percuma saat diedit, seperti foto yang akan jadi percuma saat diedit, seperti foto yang pengambilannya jelek, terlalu terang atau nge-flare, atau kurang focus. Mungkin akan bisa diakali saat kamu mengunakan aplikasi-aplikasu tertentu yang memang bisa jadi penyelamat. Itu pun perlu keahlian aplikasi edit foto tertentu yang memang bisa jadi penyelamat. Itu pun perlu keahlian dan effort yang nggak sedikit agar tampilan foto sesuai dengan keinginan.

Permasalahanya sekarang adalah, kamu akan mengedit foto dengan hanya bermodal HP secara praktis namun hasilnya bagus. Jadi, pilihlah foto-foto yang memenuhi syarat dan memang layak untuk diedit

Atur terlebih dahulu komposisi gambarnya Pastikan kamu menerapkan prinsip ‘rule of thirds’ untuk menciptakan foto yang lebih dramatis dan menarik

Jika sudah menemukan foto yang mana yang layak edit, langkan selanjutnya adalah mengatur komposisi foto. Aturan komposisi ini pondasi keindahan lhi. Karena keseimbangan elemen dalam foto akan membuat potret tampak lebih endak dilihat

Pada rules of thrids, Bidang foto fibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertical maupun hoisontal sehingga kamu memiliki 9 area yang sama besar. Dengan demikian, kamu memiliki pertemuan empat titik. Nah kalau kamu menempatkan ‘pont of interest’ alias bagian paling menarik dari sebuah foto disalah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih balance dan enak dilihat. Dibandingkan pada posisi tengah foto

Kamu bisa mengatur komposisinya dengan memotong gambar (crop) agar bagian paling menarik dari foto terletak pada salah satu dari 4 titik pertemuan tersebut. Tujuannya biar fotomu lebih seimbang dan enak dilihat secara komposisi.

Selanjutnya adalah mengatur pencahayaan, warna dan kontras foto. Gunakan kombinasri antara Brightness, saturation, dan contrast tools.

Pertama-tama, atur gelap terangnya foto dengan menggunakan brightness tool. Nggak ada aturan pakemnya sampai seberapa kamu perlu mencerahkan atau menggelapkan foto, sesuaikan dengan kondisi pencahayaan foto yang akan diedit. Setelahnya, cobalah utnuk menggunakan saturation tool untuk mengatur rona warna.  Membuat warna-warna dalam foto kamu menjadi ‘pucat’ (mengarah ke hitam putih) atau justru membuatnya lebih cerah.

Menurunkan saturation jadi salah satu formula yang ampuh untuk mempercantik semua jenis doto. Sementara itu, naikkan contrast tool agar bagian gelap dan terang dalam foto terlihat jelas dan dramatis. Tiga langkag editing ini memang basic sekali. Namun sangat berpengaruh terhadap look dari foto kamu. Kalu kamu sudah selesai ngedir dengan aplikasi edit foto. Tapi masih kurang kerasa saat nya kamu memakai filter. Namun jangan sampai berlebihan.

Filter filter yang tersedia sebagai fitur HP maupun ada di dalam media social tujuannya adalah untuk membuat foto kamu menjadi one-toned alias punya warna yang selaras. Selayaknya mengedit dengan tools. memilih filter juga harus pakai perasaab yang tepat. Biasanya ada beberapa filter yang memang dikhususkan dan disediakan masing masing oleh aplikasi edit foto yang mempunyai ciri khas filter masing masing.

Jangan terlalu banyak menggunakan flter karena hasilnya justu membuat hasil fotomu tidak natural atau palsu.